Cuaca Ekstrem, Tangkis Laut di Pulau Poteran Habis Tergerus

632 views

Cuaca Ekstrem | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep – Belakangan ini cuaca ekstrem yang melanda Perairan Sumenep, hal itu menyebabkan tangkis laut di Desa Padike, Kecamatan Talango, Pulau Poteran, ambrol, untungnya belum membawa korban manusia.

Tingginya air pasang  diperairan setempat, menggerus seluruh tangkis laut yang rusak. Salah seorang warga Desa Padike, Talango, Syaiful, mengaku jika tangkis laut yang di daerahnya sudah bertahun-tahun rusak, namun tidak ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

“Kami sudah beberapa kali melaporkan kerusakan tangkis laut ini, tapi tidak ada respon dari Pemkab Sumenep. Nah, sekarang kondisi kian parah dan tertutup air laut akibat diterjang air pasang  selama 2 hari belakangan ini,” katanya.

Ia meminta instansi terkait, agar mengecek keberadaan tangkis laut di Desa Padike yang terendam air laut. Sebab jika dibiarkan tidak tertutup kemungkinan rumah warga juga akan digerus.

“Kalau dibiarkan, air laut akan semakin naik, dan mencapai rumah warga. Karena, jarak dari kediaman warga ke bibir pantai hanya 10 meter saja. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan,  apalagi dicuaca ekstrem seperti ahir-ahir ini,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalinget, Joko Sulistiyo menjelaskan, bahwa di Perairan Sumenep sedang dilanda cuaca ekstrem.

“Ketingian gelombang khususnya di Pulau Masalembu dan Kangean, Sumenep, mencapai 2,5 hingga 3 meter. Ini sangat berbahaya bagi pelayaran,” jelasnya.  

Selain itu, lanjut Joko, kecepatan angin maksimal 26 knot atau sekitar 50 kilometer per jam.

“Cuaca ekstrem ini diperkirakan akan terjadi hingga Selasa (17/6) besok. Kami hanya bisa menghimbau kepada para nelayan dan seluruh armada laut, supaya berhati-hati atau menunda pelayaran selama gelombang laut masih tinggi yang sangat berbahaya,” ungkapnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia