Cuaca Ekstrime Di Bangkalan Masih Menghantui , Masyarakat Harus Antisipasi

Maduracorner.com, Bangkalan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan memperkirakan angin kencang dan hujan deras akan terjadi di Kabupaten Bangkalan.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris menghimbau masyarakat agar antisipasi pada puncak cuaca ekstrem yang perkirakan terjadi di sekitar wilayah Bangkalan.

“Cuaca ekstrem akan berlangsung di bulan Desember hingga Januari. Sehingga masyarakat perlu mengantisipasi bencana alam yang tidak terduga,” ucapnya, Kamis, (12/12/2019)

Menurutnya, tehitung sejak tanggal 2 Desember 2019, Bupati Bangkalan sudah menetapkan surat keputusan siaga darurat selama 150 hari kedepan perihal bencana banjir, longsor dan cuaca ekstrem.

“Kepada seluruh camat untuk meningkatkan kewaspadaan di wilayah masing – masing. Terlebih, kecamatan yang rawan potensi bencana,” jelasnya.

Rizal juga menjelaskan tempat – tempat yang rawan puting beliung dan bencana longsor. Ia menyebutkan seperti daerah Burneh, Galis, Tragah.

“Untuk bencana banjir, yang rutin terjadi tiap tahunnya dengan sekala menengah di wilayah Blega dan Arosbaya. Sedangkan untuk longsor di daerah utara seperti di Kecamatan Geger, Kokop, Konang,” terangnya.

Ia juga menambahkan tips apabila terjadi cuaca ekstrim agar masyarakat bisa menghindari aktivitas di luar rumah.

“Segala aktivitas diluar rumah ketika cuaca sudah mulai gelap agar berteduh dibawah bangunan yang kokoh. Karena bencana tidak dapat diketahui kapan dan dimana akan terjadi,” pungkasnya. (TKN).

Email Autoresponder indonesia