Cuaca Tak Bersahabat, Nelayan Kwanyar Pilih Tak Melaut

874 views
image

Nelayan Kwanyar sandarkan perahu

Bangkalan,maduracorner.com – Para nelayan di pesisir rupanya cukup waswas dengan kondisi cuaca belakangan ini. Pasalnya, hujan lebat yang turun secara terus menerus dan diserta angin kencang menyebabkan ombak besar di pantai mereka. Hal inilah yang membuat mereka memilih tidak melaut untuk sementara waktu.

“Ombak lumayan tinggi, sekitar 3 meter mas. Kami  pilih tak melaut saja dulu,” ucap Matdowi, salah seorang nelayan Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar, selasa (10/3/2015) siang.

Kepada maduracorner.com, Ia juga mengatakan, meski para nelaya tetap memaksakan diri untuk melaut, hasil yang didapat pun cukup minim. “Waktu untuk melaut pun terbatas karena sangat tergantung pada cuaca. Makanya penghasilan nelayan disini berkurang,”katanya lagi.

Pria paruh baya ini menuturkan, nelayan bisa pergi melaut bolak balik 2 hingga 3 kali dalam sehari jika cuaca normal pada hari-hari biasa. Namun dengan kondisi cuaca saat ini, nelayan hanya sekali melaut dalam sehari atau malah memilih tidak melaut sama sekali.

“Kalau sudah musim cuaca buruk seperti sekarang, semuanya memang serba susah. Hari ini kami hanya dapat tangkapan ikan ukuran 10 cm – 15 cm seberat 2 kg. Ada juga udang kecil sekitar 3  kilogram,”keluh Matdowi.

Meski begitu, ia mengaku tetap bersyukur dengan rejeki yang didapat tersebut. “Mau bagaimana lagi, ya tetap disyukuri saja. Semua rejeki sudah diatur oleh Allah SWT,”pungkasnya sambil tersenyum. (yan/mad)

Penulis: Aryan
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia