DAK tahun 2014 Di Prioritaskan Untuk RKB

712 views

Tinggal 4 Kecamatan Belum diverifikasi I Oleh : A.Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan akan memprioritaskan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang dananya bersumber dari Dana Alokasi khusus (DAK) tahun 2014 ini.”Kita prioritas RKB pada DAK tahun ini, karena selama ini kita selalu melakukan rehab dan belum pernah ada RKB,” terang Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan Moh Mohni melalui Kabid Sarana dan Prasana, Bambang Budi Mustika, Senin (5/5)

Dijelaskan dia, untuk pembangunan RKB ini, Disdik telah melakukan verifikasi RKB di semua sekolah yang ada di 18 kecamatan di kabupaten Bangkalan.”Tinggal 4 kecamatan yang belum diverifikasi. Dalam verifikasi ini adlah RKB yang dibutuhkan berapa, lahannya ada apa ngak, jumlah murid berapa,” jelasnya.

Lebih lanjut Bambang Budi Mustika menjelaskan, juklak dan juknis untuk DAK ini memang sudah turun, akan tetapi pihaknya masih mempelajarinya. “Dalam DAK tahun ini, kita fokuskan pada pengadaan buku, baru sisanya dari anggaran itu kita gunakan untuk pembangunan fisik karena mulai dulu jarang RKB, hanya rehab terus, maka tahun ini kita prioritaskan RKB,” katanya.

Dikatakan Bambang, dalam pelaksanaan RKB yang diberlakukan untuk lembaga sekolah SD,SMP,SMA,SMK.nanti, pihaknya akan menerapkan peraturan dengan ketat.

“Sekolah yang diprioritas penerima DAK RKB, harus ada ketersediaan lahan ini yang paling penting, kalau ngak ada lahannya ya ngak dapat,” tuturnya.

Selain RKB kata Bambang, Prioritas kedua adalah pembangunan gedung SMKN Kwanyar dan SMA Kokop.
“Kususnya SMKN Kwanyar dan SMA Kokop terkendala dengan penetapan SK Gubernur. SMKN Kwanyar lahannya seluas 1,5 Hektar sudah siap, harganya oke. Uangnya sudah ada hanya tinggal menunggu SK Penetapan dari pak Gubernur dan sejak bulan Maret sudah kita urus, namun belum juga turun,” pungkas Bambang Budi Mustikan (shb)

Email Autoresponder indonesia