Dalam Sehari, Volume Sampah Di Bangkalan Capai 212 Meter Kubik

image

sampah

Bangkalan, maduracorner.com – Sampah yang dihasilkan masyarakat Bangkalan masih menjadi persoalan serius. Pasalnya, volume sampah mencapai 212 meter kubik dalam satu hari. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2014 yang hanya berkisar 186 meter kubik per hari.

Badan Lingkuhan Hidup (BLH) Kabupaten Bangkalan memperkirakan, volume sampah berpotensi terjadi peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk dan angka kunjungan wisatawan lokal ke Madura.

“Setiap tahun ada kenaikan volume sampah. Karena ini berbanding lurus dengan peningkatan angka penduduk. Belum lagi dampak bertambahnya kawasan wisata kuliner di sekitar akses Suramadu. Jadi wajar jika volume sampah di Bangkalan terus bertambah dari tahun ke tahun,”jelas Kabid Kebersihan BLH Kabupaten Bangkalan, Imam Syafrie kepada maduracorner.com, senin (2/11/2015).

Peningkatan jumlah volume sampah tersebut membuat pihak BLH cukup kewalahan dalam proses pengangkutan sampah. Yakni dari TPS (Tempat Penampungan Sementara) menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Alasannya, selain sejumlah armada sudah melewati masa servis, jumlah petugas kebersihan pun masih kurang. “Ada 11 armada pengangkutan. 5 diantaranya sudah melewati masa servis, karenanya sering bermasalah,” imbuhnya.

Sementara untuk jumlah petugas berjumlah 174 orang, 44 diantaranya masih berstatus pegawai Tenaga Harian Lepas (THL). Sehingga, perlu tambahan tenaga personel agar bisa bekerja maksimal. “Kami dalam waktu dekat akan menambah tenaga kontrak sebanyak 85 orang”ucap Imam Syafrie.

“Dari total sumber daya manusia dan sarana tersebut, anggaran yang dimiliki untuk kebersihan hanya sebesar 1,3 milyar rupiah pertahun. Dengan persentase penggunaan terbesar yakni pada pos operasional,”pungkasnya. (her/mad)

Penulis: Donny Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia