Dampak Covid-19, Penerima BPNT di Bangkalan bertambah 26.461 KPM

Bangkalan, Maduracorner.com, Kabupaten Bangkalan mendapatkan alokasi tambahan peserta penerima bantuan sosial sebanyak 26.461 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Pemerintah pusat akibat pandemi Covid-19.  Tambahan kuota ini untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Siswo Irianto menyampaikan, dengan adanya Covid-19 ini ada perluasan atau tambahan kuota peserta BPNT. Tambahan kuota itu ditambahkan pada KPM yang awalnya berjumlah 70.454.

“Sebanyak 26.461 tambahan kuota untuk BPNT, yang sebelumnya berjumlah 70.454 jadi total semuanya berjumlah 96.915 KPM,” ujar Siswo saat Rapat Koordinasi di Aula Diponegoro, Kamis (30/04/2020).

Siswo menjelaskan tambahan kuota itu diambilkan dari data warga miskin yang sudah masuk dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan sosial (DTKS) di pemerintah pusat sejak 2019. DTKS menjadi sumber data utama sebab sudah dilakukan verifikasi.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 tambahan kuota Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) itu Sebetulnya data awal kita yang sempat dicoret setelah verifikasi,”tambahnya.

Lanjut Siswo, khusus untuk penerima BPNT mulai bulan ini ada perbedaan cara penyaluran. Jika sebelumnya disalurkan tiga bulan sekali, mulai bulan ini disalurkan setiap satu bulan sekali.

“Jadi begini, untuk BPNT ini mulai bulan April realisasinya per bulan. Selama ini kan tiga bulan sekali,” jelasnya.

Menurutynya, bukan hanya kuota, Dana Bansos yang masuk dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada tahun ini sudah dinaikkan dari Rp 150.000 menjadi Rp 200.000 per bulan. Dipastikan kenaikan tersebut hingga  bulan Desember mendatang.

“Apakah itu berlaku seterusnya kita tunggu keputusan pusat. Tapi sepertinya karena ada Covid-19,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Penerimaan bansos yang dicairkan setiap awal bulan itu, harus diwujudkan dalam komoditi pangan dengan spesifikasi bahan pokok.

“Tidak hanya itu bahan pokok tersebut harus mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati sampai kacang-kacangan, buah dan sayur-sayuran,”pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia