Dampak Kemarau, 6 Kecamatan Berpotensi Krisis Air Bersih

467 views

 

wahid HIdayat, Kepala kantor Pelaksana BPBD. foto : aryan/mc.com

wahid HIdayat, Kepala kantor Pelaksana BPBD. foto : aryan/mc.com

Diprediksi Mengancam 6 kecamatan | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan terancam kekurangan air bersih. Prediksi ini dilontarkan kepala kantor pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Wahid Hidayat.

“Meski kekeringan dan kekurangan air bersih terjadinya tidak  secara menyeluruh di semua Desa yang terdapat di Kecamatan. Namun dari hasil survey sementara dilapangan, saya prediksi ada 6 kecamatan yang bakal terancam kekeringan saat musim kemarau mencapai puncaknya nanti, “ujarnya, Senin (2/9).

Dia kemudian menambahkan, 6 Kecamatan yang terancam kekeringan itu terbagi dalam 2 klasifikasi berdasarkan faktor pemicu. Masing-masing karena faktor letak geografis serta  populasi atau pertumbuhun penduduk setempat.

“3 kecamatan yang di sebabkan oleh letak geografis antara lain Konang, Kokop dan Geger, sementara yang di akibatkan oleh populasi penduduk yakni kecamatan Tanah Merah,Klampis, dan Galis,” pungkas Hidayat.

Sebagai tindakan antisipasi, pada hari Selasa besok akan digelar rapat koordinasi dengan dinas terkait. Diantaranya, Dinas PU, Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Pertanian dan Peternakan Bangkalan, Dinsos Naker trans Bangkalan dan PDAM Bangkalan.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia