Dampak Pengurangan Kuota Haji, 170 CJH Bangkalan Terancam Masuk Waiting List

170 CJH Bangkalan | Oleh : Aryan

Kepala kantor Kemenag Bnagkalan, Amin Mahfud-foto : Aryan/MC.com

Kepala kantor Kemenag Bnagkalan, Amin Mahfud-foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Sekitar 170 Calon Jema’ah Haji (CJH)Bangkalan 2013, terancam gagal berangkat ke tanah suci Mekkah dan akan ditetapkan sebagai waiting list atau daftar tunggu hingga tahun depan. Kegagalan ini akibat adanya kebijakan pemerintah Arab Suadi tentang pengurangan 20 persen kuota Haji pada musim haji tahun ini. “Jumlah CJH asal Kabupaten Bangkalan yang akan berangkat musim haji tahun ini sebanyak 868 orang, namun jika ada pengurangan 20 persen berarti ada sekitar 170 orang yang tidak bisa berangkat,” terang Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan, Moh. Amin Mahfud, kepada MC.com, Senin (24/6).

Walaupun begitu, lanjut Amin, pihaknya akan berusaha agar pengurangan quota jemaah asal Bangkalan yang di jadwalkan akan diberangkatkan tahun ini tidak sampai sebanyak itu. “Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar pengurangan quota  haji asal Bangkalan jumlahnya tidak sampai  170 orang tapi kurang dari 100 oranglah. Walaupun sampai saat ini Kemenag Bangkalan belum menerima surat resmi dari pusat terkait pengurangan 20 persen itu, mungkin minggu ini baru keluar,” terang Amin.

Disisi lain kata Amin Mahfud, pihaknya saat ini konsentrasi pada sosialisasi kebijakan pemerintah Arab Saudi itu kepada para CJH, sebab, penundaan beberapa CJH asal Bangkalan bukan kehendak Kemenag RI tapi karena kondisi Masjidil Haram saat ini masih dalam tahap renovasi, sehingga tidak memungkinkan untuk menampung jutaan jemaah haji yang datang dari seluruh dunia. “Kalau bercermin dari pengalaman tahun  sebelumnya, normalnya Masjidil Haram mampu menampung 48 ribu orang jemaah per jam. Namun karena masih ada renovasi,  tahun ini hanya mampu menampung 22 ribu orang setiap jamnya. Kalau dipaksakan nanti berisiko kepada jemaah terutama yang sudah sepuh,” pungkas  Amin Mahfud. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia