Dandim 0829 Bangkalan Serahkan Bantuan Bibit Kepada Koptan

842 views

image

Dandim 0829 Bangkalan Serahkan Bantuan Bibit Kepada Koptan

Bangkalan, maduracorner.com – Komandan Kodim (Dandim) 0829 Bangkalan, Letkol Inf. Sunardi Istanto melakukan pemeriksaan kondisi demplot tanam padi jajar legowo (jarwo). Pemeriksaaini dilakukan di lahan seluas 0,5 Ha di 2 kelompok tani (koptan). Yakni Koptan Kelapa Hijau Kampung Skep, Kelurahan Bancaran dan Koptan Sekar Tanjung Kelurahan Tonjung.

Selain inspeksi Padi Jarwo, Letkol Inf. Sunardi Istanto juga menyerahkan bantuan bibit padi seberat 40 kg dari Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian (BPTP) Kementerian Pertanian kepada 2 koptan tersebut.

“Kehadiran kami di poktan Kelapa Hijau dan Koptan Sekartanjung ini, selain memeriksa kondisi tanam padi Jarwo di koptan masing – masing, juga menyerahkan bantuan bibit Varietas Inpari 14 Kelas Benih F5 kepada petani di dua poktan ini,”ujar Letkol Inf. Sunardi Istanto yang didampingi Kepala Dispertanak Kabupaten Bangkalan, Abdul Razak, jum’at (10/72015).

Pemegang tongkat komando TNI AD di Bangkalan ini juga memerintahkan kepada Koramil di 18 kecamatan seluruh Bangkalan untuk mendampingi dan memfasilitasi kebutuhan koptan setempat. Sebab dari hasil panen sebelumnya, tanam padi dengan sistim jarwo dan memakai bibit padi dari BPTP telah membuktikan sistem ini lebih unggul dari sistem tanam padi konvensional.

“Saya tak bosan-bosannya memberi penyadaran kepada petani di koptan lainnya tentang keunggulan sistem tanam padi Jarwo dan bibit unggul BPTP. “Kami berharap para petani yang masih menanam padi dengan sistem konvensional bisa segera beralih ke sistem Jarwo dan memakai bibit padi dari BPTP. Karena selain tidak ruwet, hasil panennya juga lebih bagus,”paparnya. (yan/mad). 

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia