David Bantai Goliath di Tanah Madura

401 views

David Bantai Goliath Oleh Mamad
maduracorner.com, Bangkalan – Luar Biasa! Stadion Gelora Bangkalan (SGB) masih angker bagi semua tim tamu. Hasil terbaru, Mitra Kukar yang diisi sederet pemain berlabel nasional berhasil ditekuk oleh tim tuan rumah Persepam Madura United (PMU) dengan skor  3-1, minggu malam (03/03). Hasil ini diibaratkan seperti pertarungan si kecil David yang mampu mengalahkan si Raksasa Goliath.

Tanpa disangka, PMU yang notabene klub promosi ini langsung memberikan perlawanan sengit sejak menit pertama terhadap Mitra Kukar. Pemain-pemain bintang Mitra Kukar seperti Achmad Bustomi hingga Zulkifli Syukur bisa diimbangi soliditas permainan Zainal Arif dan kawan-kawan. Bahkan Laskar Sapeh Kerap tersebut meladeni Mitra Kukar dengan permainan terbuka tanpa rasa minder sedikit pun.

Pada menit 15, SGB seakan runtuh oleh sorak sorai supporter Madura saat Osas Marvaleous Saha mampu mengkonversikan rebound tendangan keras Christian Edelmund yang tidak mampu ditangkap sempurna oleh kiper Mitra Kukar, Joice Sorongan.

Leading 1 gol, anak asuh Daniel Rukito kian percaya diri. Menit 21, pemain PMU kembali membuat girang suporternya. Gol ini tercipta setelah Busari menyambut tendangan bebas Edelmund yang melengkung deras ke area kotak penalti. Bola yang disundul Busari menyasar ke Issac Djober ke tiang jauh. Tanpa ragu, Djober menyundul kembali bola tersebut ke gawang Joice Sorongan. Dan, Gol! 2-0 untuk tuan rumah.

Tidak ingin dipermalukan tim promosi, Mitra Kukar menekan pertahanan PMU. Sebuah crossing cantik dari Paolo Frangipane dari sisi kanan pertahanan PMU langsung disambut sundulan keras oleh Septiahadi. Kiper PMU Galih Firmansyah pun gagal mengantisipasi. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak II, permainan kian menarik. Kedua tim saling menekan. Berbagai peluang tercipta. Namun penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat skor tak kunjung berubah. Kekompakan permaianan lini tengah PMU yang digalang Edelmund dan Khadafi, membuat pemain Mitra Kukar kesulitan menemukan celah.

Akhirnya upaya Mitra Kukar mengejar ketertinggalan benar-benar harus dikubur pada menit 82. Issac Djober yang membawa bola di sisi kiri pertahanan Mitra Kukar, mampu lepas dari kawalan 2 pemain lawan. Djober pun memberikan umpan pada Osas. Dengan sekali kontrol, bola ditendang pelan ke arah pojok kiri bawah Joice Sorongan. Dan Gol! Skor 3-1 tidak berubah hingga peluit panjang ditiup wasit.

Dengan kemenangan ini, PMU mulai menjauh dari zona degradasi. PMU naik ke peringkat 13 dengan 10 poin dari 8 kali tanding. Sementara bagi Mitra Kukar dengan poin 19 dari 9 kali tanding, mereka gagal mempertahankan puncak klasemen ISL. Bahkan kini harus rela turun ke peringkat 3 disalip Persipura dan Arema yang sama-sama mengumpulkan poin 21. (mad)