“Demjedem” Kian Marak, Polres Akan Tingkatkan Patroli

608 views
Salah seorang warga mainkan Demjedem-foto: Mustofa/MC.com

Salah seorang warga mainkan Demjedem-foto: Mustofa/MC.com

Untuk memninimalisir Dem Jeddem | Oleh : Mustofa El Abdy

Maduracorner.com, Pamekasan – Pada bulan suci Ramadhan, keberadaan “demjedem” di sejumlah tempat di Pamekasan kian marak. Bahkan banyak dimainkan oleh anak-anak menjelang Adzan Maghrib dan setelah Sholat Taraweh. Salah satunya di Jalan Trunojoyo Pamekasan.

Hal itu pun dikeluhkan oleh pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalan tersebut. Karena bunyinya yang mirip petasan membuat orang menjadi terkejut. Hal itu juga dianggap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Saya merasa sangat terganggu dengan bunyi demjedem, karena membuat saya kaget saat berkendara dan hampir hilang keseimbangan dalam mengemudikan motor saya,” terang Zainol, warga Jalan Segara Pamekasan.

Menanggapi maraknya demjedem tersebut, Kapolres Pamekasan AKBP. Nanang Chadarusman mengaku akan aktif melaku patroli di Kawasan Kota Pamekasan untuk meminimalisir keberadaan demjedem bahkan jika ditemukan akan mengamankan dem jedem tersebut.

“Kami akan aktif untuk melaksanakan kegiatan patroli sekitar arek lancor untuk mengeliminir penggunaan demjedem itu, apabila ditemukan kita akan amankan barangnya,” terangnya.

Bahkan sebelum masuk bulan suci Ramadhan, pihaknya sudah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan demjedem melalui media elektronik di Kabupaten Pamekasan.

Untuk diketahui, demjedem merupakan salah satu jenis petasan yang berbentuk seperti meriam yang terbuat dari kaleng susu, botol air mineral dengan pengapian berasal dari pemantik api yang diambil dari korek api dan spirtus.(top/lam)

Email Autoresponder indonesia