Demo Pemkab Bangkalan, Mahasiswa Bentrok dengan Polisi

1055 views

Massa PMII kocar-kacir dipukul muncur petugas kemananan Polres Bangkalan. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Aksi unjuk rasa puluhan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, diwarnai bentrokan antara mahasiswa dengan kepolisian, Kamis (30/8/2018).

Kericuhan tersebut, lantaran mahasiswa dihadang petugas kepolisian ketika hendak melakukan penyegelan kantor. Mahasiswa merasa geram karena tidak ditemui Pj Bupati Bangkalan.

Massa PMII yang terlanjur emosi, terus berupaya menerobos dan menjebol barikade kepolisian. Aksi saling dorongpun tak dapat hindarkan yang menyebabkan keributan.

Kokohnya barisan pengamanan petugas kepolisian, mampu memukul mundur mahasiswa yang memaksa masuk kantor Pemkab Bangkalan. Praktis, para mahasiswa akhirnya membubarkan diri.

Korlap Aksi PMII Bangkalan Baijuri Alwi mengaku sangat kecewa terhadap tindakan represif petugas kepolisian. Apalagi, sebelumnya sudah melakukan lobi-lobi yang menghasilkan beberapa opsi.

“Kami hanya ingin memberikan simbolis atas kegagalan PJ Bupati Bangkalan dengan cara menyegel dan menghadiahi raport merah,” ucapnya.

Baijuri menjelaskan, Kabupaten Bangkalan tidak butuh pemimpin seperti Pj bupati saat ini. Sebab, kinerjanya tidak mampu membawa perubahan, maupun perbaikan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kenapa aksi kami dihalang-halangi polisi,” sesalnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan menyampaikan pendapat di muka umum memang dijamin Undang-Undang. Namun, bukan berarti harus merugikan hak-hak orang lain.

“Massa PMII itu hendak menabrakkan kendaraan roda empat ke petugas yang sedang mengamankan aksi,” ucapnya.

Mantan Kasubdit III Jatanras Polda Jawa Timur ini menambahkan, pihaknya sudah berusaha menenangkan massa. Bahkan, juga memperkenankan perwakilan dari PMII untuk menjalin komunikasi dengan Pemkab Bangkalan.

“Massa sudah diajak ngomong baik-baik tidak mau. Kami kira perwakilan dari mereka sudah cukup untuk berkomunikasi dengan pemkab,” tandasnya.

Perlu diketahui, PJ Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setia Budi Ranuh sedang tidak ada di kantor, karena menjalankan tugas di luar kota sehingga tidak bisa menemui massa PMII. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia