Dermaga II Kamal Ambles, Truk dan Mobil Terpaksa Dikembalikan ke Pelabuhan Ujung

 
Petugas Sedang Memperbaiki Dermaga III Kamal

Petugas Sedang Memperbaiki Dermaga II Kamal

Bangkalan, maduracorner.com – Dermaga II Pelabuhan Kamal, Bangkalan ambles. Hal ini terjadi, karena roll blok pada sisi kanan terputus saat petugas hendak menaikkan geladak. Akibatnya, kegiatan bongkar muat pun terganggu.
 
“Kendaraan roda empat dan truk terpaksa dikembalikan ke Pelabuhan Ujung Surabaya,”ujar Petugas Peralatan Dermaga, Angga Prasaja kepada maduracorner.com, Selasa (10/5/2016).
 
Menurutnya, kebijakan menurunkan kembali mobil dan truk ke Pelabuhan Ujung itu lantaran geladak dermaga miring ke kanan. Sehingga kapal ferry tidak bisa bersandar dengan sempurna. “Untuk kendaraan roda dua dan pejalan kaki bisa ditutunkan di Kamal dengan bantuan petugas,” imbuhnya.
 
Dijelaskan, insiden ini bermula ketika KMP Gajah Mada hendak sandar. Sekitar 100 meter menuju pelabuhan, petugas hendak menaikkan geladak karena air sedang pasang. Namun, ternyata tali roll blok terputus.
 
“Armada yang dioperasikan PT ASDP kini tinggal Jokotole yang sandar di Dermaga I. Sementara KMP Gajah Mada akan kembali dioperasikan ketika perbaikan Dermaga II selesai,” paparnya.
 
Angga menambahkan, pada awalnya ada tiga armada yang dioperasikan. Yakni KMP Gajah Mada, Jokotole, dan Tongkol. Namun karena Tongkol sedang docking, maka tinggal dua kapal. Dan sekarang tinggal Jokotole saja yang beroperasi. “Sekarang tengah kami lakukan perbaikan. Semoga besok pagi sudah kembali difungsikan,”tandasnya. (her/mad)
 
Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaaarwy