Dewan Desak PU Pengairan Ambil Sikap Soal Meluapnya Air di Kali Marengan

image

Dulsiam Ketua komisi C DPRD Kabupaten Sumenep

Sumenep, maduracorner.com- Dewan desak PU Pengairan untuk memfungsikan kali Patrean, yang terletak, di Desa Kacongan kecamatan kota, serta kali Saronggi yang ada di Desa Nambakor kecamatan Saronggi.

Menurut Dulsiam Ketua komisi C DPRD Kabupaten Sumenep menilai penyebab terjadinya banjir beberapa waktu yang lalu, dikawasan kota di sebabkan kali Marengan yang tempat penampungan air tidak mampu untuk menampung.

“Kali marengan sudah tidak lagi efektif untuk dijadikan sebagai pembuangan air dari kawasan kota, karena kali Marengan selain terjadi pendangkalan, dan penyempitan  juga banyaknya bangunan di daerah sana,” ujarnya.

Lebih lanjut Dulsiam memaparkan Dinas terkait secepatnya melakukan normalisasi, kali Patrean dan kali Saronggi guna mengantisipasi, banjir  apabila terjadi hujan lebat.

“Selama ini kali Patrean tidak pernah difungsikan, padahal kali itu cukup besar. Jadi disana bisa difungsikan, untuk pembuangan air,”ungkapnya. 

“Selain itu drinase yang ada dikawasan kota banyak yang tidak berfungsi, terutama di daerah perumahan banyak drainase yang ditutup, dan penyempitan,” tabahnya.                         

Penulis : Ari.                                                Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia