Dewan Minta Dispertan Bisa Mengurai Berbagai Persoalan Petani

664 views

Harus ada evaluasi I oleh : Teguh S

Maduracorner.com,Sumenep – Pelayanan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep yang berhasil dalam bidang pelayanan informasi pertanian kepada masyarakat petani, mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumenep, Dwita Andriyani.
 
Hanya saja, menurut politisi PAN ini tidak hanya cukup dengan prestasi maupun program inovasi, seperti pembuatan demplot dan sebagainya. Namun, harus mampu mengurai berbagai persoalan yang dihadapi petani, salah satunya terkait dengan persoalan distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah. “Sebab, ternyata meskipun diakui stok pupuk secara nasional jumlahnya mencukupi, masih terdapat berbagai persoalan distribusi pupuk yang terjadi dibawah,” terangnya.
.
Untuk itu kata Dwita Andriyani, harus ada evaluasi dan betul-betul melakuan pengecekan ke bawah terhadap kebijakan yang dilaksanakan, sehingga petani bisa lebih maksimal dalam usahanya, sebagaimana harapan pemerintah dalam mencukupi ketersediaan pangan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep sendiri.

Dijelaskan, Dwita Andriyani, terkait dengan pemakaian pupuk yang menjadi program pemerintah, harus disosialisasikan secara maksimal kepada petani, agar ketika petani bergeser dari penggunaan pupuk Urea misalnya kepada pupuk Bokasi, harus dengan pengetahuan dan upaya yang benar. “Pada akhirnya, ketika petani berubah dari ketergantungan terhadap pupuk Urea misalnya, hasilnya benar-benar dirasakan masyarakat petani,” pungkasnya.(tgh/shb)

Email Autoresponder indonesia