Dewan Minta Pemkab Bangkalan Lindungi Sekolah Swasta

336 views

Lindungi Sekolah Swasta | Oleh:Aryan

Ketua Komisi D DPRD Bnagkalan, Mukaffi Cholil-Foto : dokumen/MC.com

Ketua Komisi D DPRD Bnagkalan, Mukaffi Cholil-Foto : dokumen/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Komisi D DPRD Bangkalan meminta kepada Pemkab Bangkalan agar melindungi ratusan sekolah swasta yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Baik tingkat SMP, SMA maupun SMK.  “Sebab, jika pemerintah tidak bisa melindungi sekolah swasta, bisa dipastikan ratusan sekolah swasta itu terancam ditutup akibat tidak adanya siswa, selain itu, masyarakat lebih memilih menyekolahkan anaknya anaknya pada sekolah negeri,” kata Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Mukaffi Cholil kepada MC.com, Minggu (02/06).
Menurut Mukaffi Cholil, salah satu cara untuk mengatasi persolan kekurangan siswa disekolah swasta itu, pemkab. Bangkalan harus mempertegas pagu di masing-masing lembaga pendidikan negeri. “Jika pagunya 200 siswa, ya harus menerima siswa sesuai ketentuan itu, tidak boleh lebih. Maka dari itu saya minta Pemkab. Bangkalan harus tegas kepada sekolah sekolah negeri supaya mengikuti pagu,” tegas Mukaffi Cholil,
Dengan demikian kata Mukaffi, pemkab Bangkalan bisa memberi peluang kepada sekolah swasta untuk mendapatkan siswa didik baru. Jika tidak ada ketegasan dalam penerapan pagu tersebut, maka dikuatirkan sekolah swasta bakal tidak kebagian murid.

Terpisah, Kepala Disdik Bangkalan, Moh Mohni saat dikonfirmasi melalui  Sekretaris Disdik Bangkalan, M Kamil, mengatakan terkait dengan persoalan itu, pihaknya sangat berterima kasih terhadap masukan yang disampaikan oleh wakil rakyat di DPRD Bangkalan
“Kita akan mengawasi secara ketat pembagian pagu disetiap sekolah negeri sesuai ketentuan yang telah di tetapkan,” kata Kamil. (yan/min).