Di bulan Romadhan, Buah Kolang-Kaling Laris Manis

720 views

Buah kolang Kaling untuk berbuka puasa     | Oleh : A.Shohib.

 

salah seorang pedagang Kolang kaling di pasar Tradisional Langkap-Foto : A.Shohib/MC.com

salah seorang pedagang Kolang kaling di pasar Tradisional Langkap-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan -di bulan suci Ramadhan ini, buah Kolang kaling menjadi dagangan  yang paling laris manis dan ramai diserbu pembeli. Tidak hanya ramai pembeli, penjual buah kecil warna putih ini juga membludak sejak awal bulan suci Ramadan.

Seperti terlihat di sejumlah pasar tradisional di kabupaten Bangkalan. Sejak hari pertama puasa, sejumlah penjual kolang kaling dadakan bermunculan. Buah yang banyak dijumpai di Desa Lantek Kecamatan Galis ini memang menjadi menu khas berbuka puasa masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

Menurut Ny Hanafi, setiap Ramadhan, buah kolang kaling selalu dia beli saat ke pasar. Biasanya, buah tersebut dibuat untuk kolak atau minuman segar. “Buah ini memang menjadi buah has saat berbuka puasa,” kata Ny hanafi.

Waga asal desa Jambuh kecamatan Burneh ini mengaku, harga buah kolang kaling relatif murah. Setiap kilogramnya dijual Rp 12  ribu Sebelum puasa, harga lebih murah yaitu Rp 10 ribu/Kg-nya.

Aminah, salah seorang penjual kolang kaling di pasar Tradisional Langkap mengaku, selama dua hari sebanyak 50 kg buah kolang-kaling habis terjual. “Kalau pasa ramai 2 hari 50 kg itu sudah habis,” kata Aminah.

Aminah sendiri kulakan buah kolang kaling tersebut dari desa Lantek kecamatan Galis seharga Rp 10 ribu/kg-nya. Kemudian kolang kaling itu Ia jual lagi seharga Rp 12 ribu/kgnya. “Lumayan  dari pada nganggur di rumah,” kata Aminah.

Pada bulan suci Ramdahan ini, Aminah yang pada hari biasa itu berjualan rujak, memilih berjualan buah kolang-kaling karena pada bulan puasa buah ini banyak dicari orang.(min).

 

Email Autoresponder indonesia