Di Serang Hama, Petani Cabe Desa Buluk Agung Rugi Jutaan Rupiah

Petani Cabe - foto : Aryan/MC.com

Petani Cabe – foto : Aryan/MC.com

Buah dan Daun Diserang Hama| Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan– akibat tanaman cabe diserang hama, Petani cabai merah di Desa Buluk Agung Kecamatan Klampis menderita kerugian hingga jutaan rupiah. Akibat serangan hama itu, tanaman cabe yang sudah berusia tiga bulan itu daunnya berubah jadi putih dan buahnya menjadi layu. “Serangan hama terhadap daun itu membuat buah cabe menjadi layu dan warnanya yang seharusnya merah jadi kehijau-hijauan, otomatis harganya anjlok dan kita jadi rugi,,” ujar Maisaroh saat dijumpai tengah memanen cabainya, Rabu, (23/10).

Menurut dia, hari ini usia tanaman cabaenya sudah 3 bulan dan aseandaiyan tidak terserang hama, buah cabanya akan bewarna merah dan siap untuk dipanen. Tapi dengan ada nya serangan hama itu, buah cabenya masih berwarna hijau keputih-putihan dan layu dipohon. Walaupun begitu Ia tetap memanen karena jika terlambat buahnya akan layu dan membusuk.

“Kalau harga cabe yang baru dipetik berwarna merah dan segar harganya Rp25 ribu /kg, tapi. kalau cabenya berwarna hijau keputih-putihan dan layu harganya cuma Rp.8 ribu / kg,” tutur Maisaroh.

Karena serangan hama Itu, kata Maisaroh, saat ini dirinya dan petani cabe lainnya , menderita kerugian jutaan rupiah. “Katanya Petani cabe di desa Klampis Barat juga mengalami nasib yang sama seperti kita disini,” pungkas Maisaroh.(yan/min)

Email Autoresponder indonesia