Dikabarkan Ada Penyegelan, Puluhan Karyawan PT. Unichem Pilih Tak Beraktivitas

image

Posko penanggulangan PHK

Pamekasan, Maduracorner.com – Puluhan karyawan PT. Unichem Candi Indonesia (UCI) memilih tidak beraktivitas. Setelah adanya isu akan digelarnya aksi oleh 16 dari 31 Karyawan yang akan di PHK oleh Perusahaan tersebut.

Para karyawan aktif memilih menempati pemondokan yang ada di sebelah barat pabrik dan bercanda ria tanpa ada satupun yang menegur.

Sementara beberapa karyawan lainnya memberanikan diri beraktivitas.

Sementara 16 karyawan yang terancam PHK memilih menempati musholla pabrik yang mereka jadikan posko penanggulangan PHK dan revolusi mental. Mereka memilih berdiskusi satu sama lain untuk mencari solusi agar bisa selamat dari PHK.

“Keputusan PHK ini janggal karena alasan perusahaan karena force major. Tapi kan force major ukurannya bencana alam. Tapi faktanya disini tidak ada bencana,” kata Haris, salah satu karyawan yang terancam PHK.

Alasan lain yang digunakan perusahaan adalah karena kondisi kerugian yang semakin merugi. Namun saat didesak untuk melakukan audit kerugian sesuai undang-undang tenaga kerja No. 13 Tahun 2003 Pasal 164 ayat 2, Perusahaan tidak bersedia.

Kapolsek Tlanakan, AKP. M. Sjaiful yang berjaga-jaga di lokasi membenarkan adanya informasi akan dilakukan penyegelan oleh karyawan yang akan di PHK. Sehingga pihaknya berjaga-jaga untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sesuai perintah Kapolres, kami diminta bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kami akan siaga sampai situasi benar-benar kondusif” katanya.

Sjaiful juga membenarkan bahwa sesuai saran dari Kepala Desa agar aktivitas produksi di pabrik garam tersebut dihentikan karena khawatir akan terjadi gejolak antara karyawan aktif dan karyawan yang akan di PHK.

Penulis : Fatahillah Kamali.                       Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia