Dinas Kelautan dan Perikanan, Temukan Nelayan Gunakan Jaring Mini Trawl

 

 

Jaring mini trawl yang biasa digunakan nelayan "Nakal"

Jaring mini trawl yang biasa digunakan nelayan “Nakal”

Maduracorner.com,Bangkalan- operasi yang dilakukan tim gabungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Bangkalan di perairan Karang Jamuang, masih menemukan sejumlah nelayan yang menggunakan jaring Mini Trawl. “Memang yang kita temukan itu bukan nelayan Bangkalan, tapi nelayan dari Gresik dan Lamongan,” kata Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Bangkalan, H Ach. Faji melalui kasi Konservasi dan Pengawasan Moh Makki, Jumat (11/01)

Tapi sayang, 2 nelayan yang menggunakan jaring mini Trawl itu berhasil melarikan diri saat melihat tim gabungan. “Mereka langsung lari saat melihat kita, dan kita hanya berhasil mengamankan jaringnya saja,” tutur Moh Makki.

Lebih lanjt Moh Makki menjelaskan, untuk mengamankan perairan kabupaten bangkalan, pihaknya setiap minggu melakukan operasi bersama Pol Airud dan TNI AL. operasi itu dilakukan di sepanjang perairan Karang Jamuang, Klampis hingga ke Perairan desa banyu Sangka kecamatan tanjung Bumi. “dalam seminggu bida 3 kali kita operasi, apalagi kalau kalau musim udang pada bulan. 2 dan 3,  bisa 4 kali operasi,” kata Moh Makki.

Operasi pada musim udang ini ditingkatkan kata Moh Makki, karena pada saat musim udang itu seringkali terjadi bentrok nelayan. “Kalau musim udang kadang sering terjadi bentrok, makanya waktu operasi kita tambah,” pungkas Moh Makki. (min)

Email Autoresponder indonesia