Dinas Koperasi Targetkan 1.000 UMKM Tiap Tahun

853 views
Pedagang berjualan di Pumara, salah satu UMKM Binaan Dinas Koperasi Bangkalan-foto:A Shohib/MC.com

Pedagang berjualan di Pumara, salah satu UMKM Binaan Dinas Koperasi Bangkalan-foto:A Shohib/MC.com

Program Peningkatan Perekonomian UMKM I Oleh : A.Shohib

Maduracorner.com, Bangkalan– Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah kabupaten Bangkalan terus meningkatkan perekonmian sekitar 121.216 usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan bantuan peralatan berdagang bagi Pedagang kaki lima (PKL). “Terget kami pertahun bisa meningkatkan perekonomian 1.000 UMKM,” terang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan, Andang Pradana, Rabu (2/03)

Dijelaskan, Andang, untuk peningkatan perekomomian UMKM ini, pihaknya telah memberikan fasilitas tempat berjualan bagi mereka di Pusat Makanan Rakyat (Pumara). “Fasilitas mulai dari tempat berjualan, meja dan kursi, itu dibantu oleh kami,” jelasnya.

Lebih lanjut Andang Pradana menjelaskan, selain memberikan tempat berjualan di Pumara, untuk peninkatan perekonomian UMKM, pihaknya bersama tim tehnis terkait bakal melakukan penataan PKL. “Kami bersama tim yang beranggotakan Disperindag, Dinas koperasi dan UMKM, bagian perekonomian, bagian penanaman modal dan Satpol PP bakal melakukan penataan PKL,” terangnya.

Dalam Penataan PKL ini kata Andang Pradana, akan dilakukan relokasi PKL di Sejumlah titk yang ada di dalam kota. “Relokasi ini untuk Penataan kota dan peningkatan ekonomi pedagang kaki lima, selain itun biar tidak kumuh memang ada sebagain titik PKL yang bakal direlokasi,” kata Andang.

Dalam penataan PKL ini lanjut Andang Pradana, pihaknya bersama tim tehnis tetap akan berpedoman kepada Perbup No 19 tahun 2009, tentang penanganan dan pembinaan PkL. “Semua yang kita kerjakan tentu tidak lepas dari aturan yang ada, termasuk dalam penataan PKL ada payung hukumnya,” pungkas Andang Pradana. (shb).

Email Autoresponder indonesia