Dinas Pendidikan Bangkalan Segera Luncurkan Aplikasi e-BOS Plus Untuk mempermudah Pembuatan Laporan BOS

Bangkalan, Maduracorner. com, Untuk mempermudah dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban (LPJ) dana operasional sekolah setiap penggunaan dana, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan akan meluncurkan Aplikasi yang disebut Elektronik Belanja Operasional Sekolah (e-BOS Plus).

Dikabarkan, peluncuran Aplikasi tersebut bakal dilaksanakan tahun 2020. Namun, masih menunggu proses pengadaan dalam tahap lelang kedua di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bangkalan.

Hal itu sampaikan Kepala Disdik Kabupaten Bangkalan Bambang Budi Mustika. Rabu, (19/8/2020).  Ia juga menyampaikan, Aplikasi tersebut nantinya berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi penggunaan dan pelaporan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Kita akan luncur aplikasi e-BOS Plus dengan tujuan mempermudah setiap sekolah membuat laporan,” terangnya.

Bambang juga menjelaskan, melalui aplikasi tersebut akan terpantau dari mulai perencanaan hingga pelaporan. Sehingga dengan begitu akan lebih mudah dalam mengelola dana BOS. “Apliaksi tersebut nantinya bisa mengontrol penggunaan anggaran, mulai dari perencanaan, proses dan pelaporan akhir,” katanya.

Selain itu, kata Bambang, nantinya aplikasi e-BOS Plus tersebut meliputi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), Buku Kas Umum (BKU), Buku Pembantu Kas Tunai, Buku Pembantu Bank, Buku Pembantu Pajak, Buku Pembantu Rincian Obyek, Surat  Permintaan Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP3B),  Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP2B) dan Surat Pernyataan Tanggung jawab.

“Penerapan e-BOS ini sudah dilakukan oleh daerah lain, tetapi untuk Madura khususnya Bangkalan, bisa jadi Bangkalan mengawali peluncuran perdana e-BOS Plus nantinya”ujarnya.

Ia juga berharap, dari perencanaan peluncuran aplikasi e-BOS Plus, nantinya bisa sesuai dengan juknis dan lebih trasparan kedepan.

“Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi tersebut mulai dari Perencanaannya tepat, pelaksanaan benar dan pelaporannya juga benar,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, anggaran pengadaan aplikasi Elektronik Belanja Operasional Sekolah (e-BOS Plus) mencapai RP. 176. 300.000. (Ris)

Email Autoresponder indonesia