Dinilai Belum Layak, 3 Sekolah Gagal Gelar Ujian Nasional Online

image

UN Online 2015

Sampang,maduracorner.com – 3 sekolah di Kabupaten Sampang gagal menggelar Ujian Nasional (UN) Online. Keempat sekolah tersebut yakni SMK Negeri 1 Tambelengan, SMA Negeri 1 Sampang dan SMP Negeri 1 Ketapang. Sementara 1 sekolah yang dinyatakan siap dan layak adalah SMK Negeri 2 Sampang.

Sebelumnya, keempat sekolah tersebuy ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  RI untuk menggelar UN Online. Namun setelah dilakukan verifikasi ulang, tiga sekolah dinyatakan gagal menggelar UN Online dan hanya 1 yang lolos. Proses reverifikasi ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kab Sampang bersama Disdik Provinsi Jawa Timur.

“Memang yang menentukan Kementrian RI melalui Direktorat Pendidikan Menengah dan Dasar. Setelah pihak kami mengadakan validasi dan verifikasi di lapangan, ternyata tiga sekolah dinyatakan belum siap menggelar ujian secara online karena tidak memenuhi persyaratan,” jelas Kabid Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Arief Budiansor kepada maduracorner.com, selasa (17/03/2015) pagi.

Arif menerangkan, salah satu persyaratan untuk bisa menggelar UN berbasi Online diantaranya, pihak sekolah harus menyiapkan sarana penunjang. Seperti komputer dan mesin genset Uninterruptible Power Supplay (UPS).

“Jumlah sarana komputer minimal separuh dari jumlah siswa yang mengikuti ujian. Dengan asumsi apabila jumlah siswa 90 maka harus mempunyai minimal 30 komputer yang kondisinya masih sehat. 1 komputer nanti akan digunakan oleh 3 siswa. Sekolah juga harus mempunyai mesin genset untuk antisipasi listrik padam,”lanjutnya.

Arief Budiansor juga menjelaskan, SMK Negeri 2 Sampang sudah dinyatakan siap menggelar UN Online. Pelaksanaannya dijadwalkan pada tanggal 13 – 16 April dengan jumlah peserta ujian sebanyak 163 siswa. Ratusan siswa ini akan dibagi dalam 3 sif. Yakni pada pukul 07.30 sampai 09.30, jam 10.30 sampai 12.30 dan jam 14.00 sampai 16.00.

“Saya kira Siswa SMK Negeri 2 sudah siap menghadapi ujian online. Waktu try out sudah dilatih dengan online termasuk ujian sekaloh yang sekarang dilaksanakan juga menggunakan online. Jadi dengan latihan-latihan seperti itu, pada waktu pelaksanaan ujina nasional siswa sudah siap,”pungkasnya. (son/mad)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor    : Mamad el Shaarawy