Dinkes Bangkalan Nyatakan KLB DBD Di Dua Desa Di Kecamatan Geger 

Kadinkes Bangkalan, Nur Aida Rachmawati

Kadinkes Bangkalan, Nur Aida Rachmawati

Bangkalan,Maduracorner.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan menyatakan status kejadian  luar biasa (KLB) Demam Berdarah dengue  (DBD) terhadap dua desa di Kecamatan Geger. Dua desa itu adalah Desa Banyuning Dajah dan Desa Banyuning Laok. Jumlah penderita DBD di dua desa sejak Bulan Desember 2014 hingga awal Januari 2015 telah mencapai 28 orang. “Dua desa itu kami nyatakan KLB karena di Desa Banyuning Dajah tercatat 8 penderita dan di Banyuning Laok ada 20 penderita DBD,” kata Kepala Dinkes Bangkalan Nur Aida Rachmawati, Jumat (09/01/2014).

Dijelaskan dia, Status KLB terhadap dua desa itu karena ada peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Data yang terhimpun pada tahun 2013-2014, penderita yang di rawat di Puskesmas Gegar tercatat 7 penderita. “Untuk satu bulan (Desember – Januari Red) saja, sekarang sudah mencapai 28 orang. Usianya antara 3 tahun sampai 39 tahun. Bukan anak-anak saja, tapi orang tua juga rawan terjangkit DBD,” jelasnya.

Oleh karena itu kata Nur Aida  Dinkes Bangkalan  langsung menempuh langkah taktis dengan harapan penyebaran DB tidak meluas. Dibentuklah tim khusus untuk turun ke dua desa itu. “Kami periksa teman dekat dan tetangga penderita. Kami berikan abate. Untuk kegiatan foging segera kami jadwalkan,”pungkasnya.

Penulis  : Anto

Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia