Dinkes Himbau Masyarakat Waspadai Virus Flu Burung

861 views
image

Ilustrasi

Pamekasan, Maduracorner.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur meminta masyarakat melakukan langkah pencegahan dengan mulai menyebarnya virus flu burung di beberapa daerah.

Menurut Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Pamekasan, Rusdi Saleh langkah tersebut penting meskipun sejauh ini belum ditemukan kasus tersebut di Pamekasan.

Salah satu yang bisa dilakukan kata Rusdi yakni jika di sekitarnya ada unggas yang sakit tidak wajar dan mati mendadak. Maka harus segera melapor ke puskesmas setempat karena dikhawatirkan menular ke manusia.

“Timbul gejala ataupun tidak harus segera melaporkan ke Puskesmas setempat agar segera dilakukan pemeriksaan darah,” kata Rusdi Saleh kepada wartawan, Minggu (27/3/2016).

Sementara berkaitan dengan unggasnya, dia meminta agar melapor ke Dinas Peternakan untuk pemusnahan. Dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan disnak untuk melakukan sosialisasi ke bawah.

“Kalau unggasnya urusan dinas kesehatan, kita tidak bisa bergerak. Kita cuma menangani manusianya,” imbuh Rusdi.

Lebih lanjut berkaitan dengan langkah penanganan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit dan puskesmas untuk menyiapkan sarana dan prasarana jika nantinya ada pasien flu burung.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali。       Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia