Dinkes Sampang Nyatakan KLB DBD

812 views

image

Sekertaris Dinkes Sampang Asrul Sani

Sampang,Maduracorner.com- Setelah melihat tingginya jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD), Kabupaten Sampang dinyatakan dalam kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah. Hal itu diungkapkan oleh Sekertaris Dinas Kesahatan Kabupaten Sampang, Asrul Sani, Selasa (03/02/2014).

Menurut Asrul, saat ini jumlah penderita Demam Berdarah dengue (DBD) yang ditangani Puskesmas maupun rumah sakit sejak bulan awal januari hingga tanggal 3 februari 2015 sudah mencapai 146 orang.

“Memang jumlah kasus DBD di Kabupaten Sampang menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi, sebagai perbandingan pada bulan januari 2014 hanya 31 penderita DBD namun diperiode yang sama dibulan januari 2015 sudah ada 84 kasus BDB. Bahkan hingga hari ini kasusnya sudah mencapai 146” jelas Asrul.

Asrul mengungkap, status KLB-DBD di Kabupaten Sampang dinyatakan setelah melihat tren peningkatan jumlah penderita DBD hingga bulan Pebruari ini. “Sebenarnya sampai tanggal 24 januari Sampang belum dinyatakan sebagai daerah yang berkriteria KLB demam berdarah, tapi begitu mendekapi tanggal 29 hingga 30 januari kasus BDB meninggkat dua kali lipat dibanding januari tahun lalu maka statusnya sudah KLB,”ungkapnya.

Dari 146 kasus penderita Demam Berdarah dengue (DBD), paling dominan diderita oleh anak usia antara 5 tahun hingga 15 tahun. Dan pada tahun ini saja sudah ada 3 penderita yang meninggal dunia, diantara warga Desa Rabesan Kedungdung, warga Desa Taman Jrengik dan warga Desa Apaan Pengarengan.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia