Dinkes Sampang Nyatakan KLB Leptospirosis

722 views

Leptospirosis dinyatakan KLB     | Muhammad Al

tikus yang diduga sebagai penyebar virus-Foto : Al/MC.com

tikus yang diduga sebagai penyebar virus-Foto : Al/MC.com

Maduracorner.com, Sampang– Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, akhirnya menyatakan kejadian luar biasa atau KLB Leptospirosis di Sampang.Munculya penyakit Leptospirosis itu akibat banjir besar beberapa waktu lalu,  yang melanda kota Sampang Madura. penyakit Leptospirosis mewabah diduga menjangkit melalui kencing tikus, yang menyebar ke manusia melalui air banjir, maupun luka di tubuh.

Menurut Kadinkes Sampang, Firman Pria Abadi, karena pasien terus bertambah hingga delapan diantaranya meninggal dunia, maka Dinas Kesehatan Sampang, akhirnya menyatakan sebagai kejadian luar biasa atau KLB.“Semakin meningkatnya korban akbibat bakteri Laptospira, maka kami tetapkan sebagai KLB,” ujar Firman.

Menjangkitnya penyakit pasca banjir ini, diketahui pada tanggal 24 april lalu, saat empat orang pasien meninggal akibat leptospirosis. Namun setelah di data di seluruh puskesmas dan rumah sakit di Sampang  ditemukan 34 pasien Leptospirosis, tujuh diantaranya meninggal.

Karena peningkatan jumlah pasien yang meningkat itulah maka Dinas Kesehatan menyatakan KLB Leptospirosis di kabupaten Sampang.  (al/min)

 

 

Email Autoresponder indonesia