Dinsosnakertrans Himbau PJPTKI Waspadai Virus Mers dan Ebola

620 views

Sebagai Langkah Antisipasi | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bangkalan menghimbau kepada perusahaan jasa penyalur tenaga kerja indonesia (PJPTKI) dan tenaga kerja wanita (TKW) agar selalu mewaspadai virus Mers dan Ebola yang ikut membonceng dari belakang.

“Kami himbau PJPTKI maupun TKW agar selalu mewaspadai merebaknya virus Mers dan virus Ebola yang diduga ikut membonceng dari belakang,” terang Kepala Disnakertrans Bangkalan, Ismet Efendi, Jum’at, (16/5).

Himbauan kepada PJPTKI itu, kata Ismet sebagai langkah antispasi agar virus Mers yang dicurigai merebak di beberapa kabupaten – kota di negeri ini. Termasuk virus Ebola yang berasal dari benua Afrika dan mematikan itu, Penularannya tidak sampai masuk ke Kabupaten Bangkalan. “Itu sebabnya, saya wanti – wanti kepada PJPTKI saat memberangkatkan secara resmi TKI dan TKW tujuan Saudi Arabia, supaya diberikan vaksinasi, jangan mendekati penyebaran virus Mers dan memakai masker. Termasuk TKI dan TKW tujuan Afrika juga divaksinasi sebab ada dugaan virus Ebola juga sudah mulai berjangkit dan memasuki Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi TKI dan TKW yang baru pulang dari Saudi Arabia maupun
Afrika, lanjut Ismet, PJPTKI diminta agar secepatnya melapor ke Dinsosnakertrans. Guna dilakukan pemeriksaan apakah TKI atau TKW yang baru datang itu terjangkit virus Mers atau Ebola. Jika dalam pemeriksaan teridentifikasi membawa dan tertular kedua virus yang mematikan tersebut, TKI maupun TKW itu, akan segera dikarantina dan secepatnya diberi pertolongan.

“Dalam mengantisipasi dan mengatasi penyebaran virus Mers dan Ebola, kami bekerjasama dengan RSUD Syamrabu, Dinkes Bangkalan dan Dinsosnakertrans Jatim yang menyanggong kedatangan TKI/TKW di bandara Juanda Surabaya dan lokasi lainnya di diwilayah Jatim,” punkas Ismet (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia