Disdik Bangkalan Targetkan Tiga Sekolah di Setiap Kecamatan Terapkan Sekolah Ramah Anak

Bangkalan, Maduracorner.com, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan menargetkan minimal tiga sekolah di setiap kecamatan menerapkan program Sekolah Ramah Anak (SRA).

Hal itu dilakukan untuk mendukung target pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) sesuai program pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Bambang Budi Mustika menyampaikan, pihaknya sudah menerapkan program SRA sejak satu tahun yang lalu, namun program itu sedikit terkendala karena keterbatasan tenaga berstatus PNS di masing-masing sekolah.

“Untuk menjadi KLA, salah satunya di bidang pendidikan, kebetulan 8 item kriteria dari kementerian sesuai dengan apa yang sudah kami terapkan sejak tahun lalu,” ujar dia, Kamis (09/04/2020).

Bambang juga mengatakan, untuk mensukseskan program SRA itu, dia juga menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap sekolah, agar para siswa dan guru terbiasa hidup dengan pola PHBS.

“PHBS sangat penting, karena menentukan kenyaman dalam proses belajar mengajar serta menjamin bebas dari sumber penyakit,” kata dia.

Namun meski demikian, lanjut dia, program itu tidak bisa secara otomatis bisa diterapkan ke seluruh sekolah, sebab program itu juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Jadi harus bertahap, karena tidak semua sekolah mempunyai sarpras yang memadai untuk melaksanakan program itu,” tandasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia