Disdik Jamin Naskah Soal UN SMA Tak Akan Bocor

620 views

LJU Menjadi dijadikan Satu Dengan Soal | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan menjamin soal UN tingkat SMA sederajat tidak akan bocor. Pasalnya, naskah UN tersebut saat ini masih disimpan di Polres Bangkalan dan digembok dengan 3 macam kunci. Satu dipegang Polres Bangkalan, satu dipegang pihak Unesa Surabaya dan satu lagi dipegang Disdik Bangkalan.

“Kami (Disdik) jamin soal UN SMA, SMK dan MA di Kabupaten Bangkalan tidak akan bocor,” ujar Kepala Disdik Bangkalan, Mohni melalui Kasie SMP/SMA/SMA Disdik Bangkalan, Risman Irianto, kepada MC.com Jum’at, (11/4).

Makanya kata Risman, Disdik mengrapkan kepada orang tua siswa jangan mudah percaya jika ada orang yang mengiming – ngimingi atau sengaja menawarkan bocoran jawaban dengan imbalan sejumlah uang. “Pesan kami kepada para siswa jaga kesehatan masing – masing, konsentrasi penuh menghadapi UN nanti dan jangan mudah percaya terhadap bocoran jawaban naskah UN,” himbau Risman.

Apalagi dalam masalah perjokian, lanjut Risman, Disdik Bangkalan juga menjamin aman terhadap masalah tersebut. Karena para siswa yang akan mengikuti UN 2014 dilarang membawa segala bentuk komunikasi (HP) atau sebelum memasuki ruangan ujian, terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan. Bila siswa ketahuan membawa HP, akan disita dan disimpan oleh pengawas ruangan.

“Seingat saya, selama pelaksanaan UN SMA di Kabupaten Bangkalan, belum pernah ada perjokian, Jika ketahuan, siswa bisa dikeluarkan dari ruangan UN dan masalahnya akan dilanjutkan kepihak yang berwajib,” paparnya.

Untuk diketahui, peserta UN SMA,SMK dan MA tahun 2014 ini, jurusan IPS, IPA, Bahasa dan Agama berjumlah 135 lembaga, jumlah siswa sebanyak 7.965 siswa. Rinciannya sebagai berikut, SMA Negeri 9 lembaga, jumlah siswa 2.212 orang. SMA swasta 31 lembaga, jumlah siswa 1.226 orang. SMK Negeri 10 lembaga, jumlah siswa 1.555 orang, SMK swasta 39 lembaga, jumlah siswa 1.009 orang. MA Negeri, 1 lembaga, jumlah siswa 329 orang, MA swasta, 45 lembaga, jumlah siswa 1.963 orang. Sedangkan perserta dari Paket C melalui Disdik Bangkalan 425 orang dan Paket C melalui Kemenag Kabupa ten Bangkalan 248 orang.

“Jumlah peserta UN 2014 tingkat SMA, SMK dan MA, 135 lembaga dengan jumlah siswa sebanyak 7.965 siswa ditambah Paket C berjumlah 673 orang,” pungkas Risman. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia