Disdik Kebingungan Soal Biaya US SD

685 views
Kasie Kurikulum Disdik Bangkalan, Moh. Ya'kub-foto: Aryan/MC.com

Kasie Kurikulum Disdik Bangkalan, Moh. Ya’kub-foto: Aryan/MC.com

APBD 2014 Sudah Didok | Oleh: Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan– Sejak ditetapkannya ujian nasional (UN) SD 2014 akan dihapus dan diganti dengan ujian sekolah (US), ironisnya, biaya penyelenggaraan US SD 2014 dibebankan kepada daerah, dalam hal ini Disdik Bangkalan, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendisdik) RI, beberapa waktu lalu. Tak ayal kebijakan Mendikbud itu membuat Disdik Bangkalan kebingungan untuk mencari biaya US SD 2014 tersebut.

“Soal biaya US 2014 ini, mau diambilkan dari anggaran pos mana, saya kurang tahu mas. Sebab hari ini Kepala Disdik Bangkalan didampingi Kabid.TK/SD/SDLB dan Kepala Kemenag Bangkalan tengah menghadiri undangan Kepala Disdik Propinsi Jatim di Surabaya untuk membicarakan masalah biaya US SD 2014,” terang Kasie Kurikulum Disdik Bangkalan, Moh. Ya’kub, Kamis, (12/12).

Apalagi kata Ya’kub, pelimpahan wewenang dan biaya US SD itu ditetapkan oleh pusat sesudah APBD Kabupaten Bangkalan didog oleh DPRD Bangkalan, Praktis, anggaran untuk pendidikan sebesar 30 persen sebagaimana disampaikan Wabup Bangkalan, Mondir Rofi’I beberapa waktu lalu itu, penggunaannya sudah diplot pada pos-pos tertentu.

Andaikan saja biaya US SD 2014 itu ditetapkan sebelum APBD Bangkalan di dog, barangkali bapak Bupati Bangkalan RK Mohammad .Makmun Ibnu Fuad masih bisa menyusun dan menyiapkan pos anggaran biaya US SD 2014 tersebut.

“Kita tunggu saja hasil rapat Kepala Disdik Bangkalan sampai hari Senin (16/12) nanti. Barangkali ada kebijakan lain untuk mengatasi beban biaya US SD 2014 yang dilimpahkan ke daerah oleh pusat,” pungkas Ya’kub. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia