Disdik Pesimis Bisa terapkan Kurikulum 2013 Pada Tahun Depan

Penerapan Kurikulum 2013 | Oleh: Aryan

Kasie Kurikulum TK/SD Disdik Kabupaten Bangkalan, Moh. Ya'kub.-foto/dokumen mc

Kasie Kurikulum TK/SD Disdik Kabupaten Bangkalan, Moh. Ya’kub.-foto/dokumen mc

Maduracorner.com,Bangkalan- karena adanya kendala tehnis, disdik kabupaten Bangkalan belum bisa menerapkan Kurikulum 2013 untuk semua kelas mulai kelas I hingga kelas VI ditingkat SD pada 2014 tahun depan. “Pelaksanaan kurikulum 2013 untuk semua kelas ditingkat SD belum bisa  sepenuhnya diterapkan dan terealisasi pada tahun 2014 tahun depan karena ada kendala tehnis,” jelas Kepala Disdik Bangkalan, Moh Mohni melalui Kasie Kurikulum Disdik Bangkalan, Moh. Ya’kub, Senin, (16/9).

Dijelaskan dia, beberapa hal yang menjadi kendala tehnis diantarnya karena pola penerapannya kurikulum 2013 itu hanya melewati satu pintu. Artinya, semua yang berkaitan dengan kurikulum 2013 dan buku-buku mata pelajaran (mapel) yang dipakai pedoman mengajar di depan kelas ditangani oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sama sekali tidak diberi kewewenangan apa-apa.

Dilain pihak kata Ya’kub, pelaksanaan kurikulum 2013 sementara ini hanya fokus pada 11 SD yang ditunjuk sebagai pilot project untuk kelas I dan  IV saja. Praktis pada tahun 2014 nanti, penerapan kuri kulum 2013 baru sampai kelas V.

Lebih jelasnya lagi imbuh Ya’kub, pada tahun 2014 nanti, yang kelas I akan naik ke kelas II, kelas II naik ke kelas III, kelas IV naik kekelas V dan  untuk kelas VI baru bisa menerapkan kurikulum baru ini pada tahun 2015. SementaraSD diluar pilot project itu, baru akan menerapkan kurikulum 2013 pada tahun 2014 “Besar kemungkinan kurikulum 2013 baru bisa diterapkan secara serentak untuk  kelas I hingga kelas VI pada tahun 2015,” pungkas Ya’kub. (yan/min).

 

Email Autoresponder indonesia