Disdik Sepulu Lestarikan Lagu Madura Lewat Lomba Tingkat Kecamatan

image

UPT Disdik Sepulu

Bangkalan, maduracorner.com – Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pendidikan (UPT Disdik) Kecamatan Sepulu menggelar lomba lagu-lagu tradisional Madura tingkat kecamatan, Rabu, (24/2/2016). Lomba yang diikuti ratusan siswa perwakilan dari 33 SDN se kecamatan Sepulu ini digelar di SDN 1 Sepulu Kecamatan Sepulu saat ajang seleksi. Yakni untuk mengikuti Lomba MIPA dan Kreativitas Siswa tingkat Kabupaten Bangkalan pada Maret 2016 yang akan datang.

Kepala UPT Disdik Sepulu, Siswadi mengatakan, lomba ini salah satunya dimaksudkan sebagai upaya pelestarian budaya daerah. “UPT Disdik Sepulu setiap tahunnya rutin menggelar lomba lagu-lagu Madura. Tentu lewat ajang ini, kami bermaksud untuk melestarikan lagu-lagu Madura”,terang Siswadi.

Ia menambahkan, gempuran lagu-lagu modern yang membanjiri khasanah hiburan saat ini sudah memasuki taraf mengkhawatirkan dan perlu disikapi dengan arif. Maka menurutnya, salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menggelar lomba lagu-lagu Madura.

“Sehingga keberadaan lagu-lagi daerah (Madura) tidak menjadi punah dan sedapatnya diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini”,tandas Siswandi. “Kalau bukan kita yang melestarikan lagu-lagu tradisional Madura, siapa lagi?,”cetusnya. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia