Disdik Tepis Isu Pungli Berkedok Pembelian Buku

590 views
kepala Disdik M Mohni. foto : Aryan/mc.com

kepala Disdik M Mohni. foto : Aryan/mc.com

 
Tegaskan Biaya Sekolah Gratis | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, M. Mohni kembali menegaskan tidak boleh ada pungutan apapun terhadap siswa sekolah negeri yang dinaunginya. Penegasan tersebut sekaligus membantah kabar adanya pungutan liar (pungli) yang berkedok pembelian buku pelajaran di sejumlah sekolah dasar negeri di kawasan kota.

“Karena Disdik telah bertekad mensukseskan program pendidikan gratis yang dicanangkan oleh bapak Bupati Bangkalan, R.K.Muh. Makmun Ibnu Fuad,” ujar Mohni kepada wartawan usai mengikuti acara HalalBihalal dipendopo Pratanu Bangkalan, Rabu (14/8).

Dia bahkan menguatkan, kebijakan sekolah bebas biaya alias gratis ini telah disampaikan kepada semua kasek mulai SD, SMP, SMK dan SMK. Menjelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) beberapa waktu lalu, mereka dikumpulkan dan diwanti-wanti untuk tidak melakukan pungutan dengan dalih apapun.

Kecuali, untuk pengadaan seragam baru dan buku-buku pelajaran yang tidak tersedia disekolah sepenuhnya diserahkan kepada orang tua siswa melalui kebijakan pengurus komite sekolah dan pihak sekolah tidak boleh ikut campur.

“Jadi informasi soal pungli pembelian buku-buku pelajaran. Tapi nanti akan saya cek kembali kebenarannya. Karena saat ini sekolah masih libur Idul Fitri 1434 H dan Senin, (19/8) baru masuk,” pungkasnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia