Dishutbun Bangkalan Dinilai Belum Berhasil Kelola Lahan Tebu

930 views
image

Petani saat berkebun

Bangkalan,maduracorner.com – Dinas perkebunan dan kehutanan (Dishutbun) Kabupaten Bangkalan dinilai belum berhasil melaksanakan tugas dalam mengelola lahan tebu di wilayah Bangkalan.  Terbukti, dari ratusan hektar lahan yang menjadi target, hanya terealisasi sebanyak 30 persen saja. Padahal, Dishutbun sendiri digandeng langsung oleh PT Perkebunan Negara (PTPN) sebagai menjadi mitra.

Hal ini ditegaskan oleh pihak legislative yang akan segera melakukan evaluasi kinerja Dishutbun. “Kami akan mengevaluasi kinerjanya. Karena Bangkalan sudah dipercaya mengelola lahan dengan dana besar. Tapi tetap juga dinilai belum berhasil,”ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Bangkalan, Imron Rosyadi kepada maduracorner.com, rabu (6/5/2015) siang.

Imron lalu menjelaskan, dari 2.500 hektar yang ditargetkan untuk lahan pengembangan tanaman tebu, realisasinya cuma 700 hektar saja. Padahal anggaran yang telah digelontorkan pemerintah pusat tahun 2013-2014 lalu mencapai Rp 46 milyar. Sementara biaya yang terserap hanya sebanyak Rp 11,5 Milyar.

“Penyerapan anggarannya sangat kecil. Karena itu kita akan evaluasi apa faktor penyebab ketidakmampuan Dishutbun dalam mengembangkan tanaman tebu tersebut,”cetus politisi Partai Gerindra ini.

Imron menambahkan, pihaknya hanya mendengar alasan masalah teknik menyangkut traktor sebagaimana yang diutarakan Dishutbun Bangkalan. Padahal menurut Imron, alasan ini seharusnya bukan kendala besar.

Apalagi kesempatan untuk mengalihkan dan membangun pabrik gula di Madura bisa terealisasi andai target pengelolaan lahan tebu ini berhasil. “Jika ada pabrik gula di Madura, tentu akan banyak menyerap tenaga kerja lokal. Ini imbas positif andai pihak Dishutbun Bangkalan bisa memaksimalkan target itu”,ungkap Imron.

Ia pun mengaku akan melakukan evaluasi menyeluruh. Selain ke pihak Dishutbun, DPRD Bangkalan akan melakukan investigasi kepada kelompok tani dan koperasi yang menerima anggaran itu. “Dengan anggaran yang besar, tetapi belum berhasil memenuhi target. itu yang kita sayangkan. Nanti kita akan minta keterangan langsung kepada koperasi-koperasi  itu,”pungkasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia