Disnaker Akui Ratusan TKI Ilegal Masih dari Sumenep

749 views

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sumenep, Moh. Fadilah

Maduracorner.com, Sumenep- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengakui sedikitnya ada 307 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di Kabupaten paling ujung timur Pulau Garam Madura ini. Dari jumlah itu sebanyak 190 TKI yang sudah dideporasi dikembalikan ke tempat asalnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sumenep, Moh. Fadilah mengatakan, ratusan TKI ilegal dari Sumenep itu, mayoritas bekerja di malaysia, “ Kemarin Sudah dideportasi sebanyak 190 orang ke tempat asalnya. Sedangkan yang legal baru berjumlah 19 orang di Sumenep. TKI yang legal itu ditempatkan di pabrik-pabrik di Negeri Jiran Malaysia,” Ujar Fadilah kepada Maduracorner.com.

Fadilah menambahkan, untuk meminimalisir TKI ilegal di Sumenep, pihaknya sudah berupaya melakukan pelatihan-pelatihan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa memiliki Skill dan keahlian. pasalnya, dengan pelatihan itu akan banyak menyerap tenaga kerja yang akan di tempatkan di perusahaan-perusahan yang membutuhkan tenaga kerja khususnya perusahaan di dalam negeri.

” Tahun ini saja kami telah melakukan pelatihan dan pelaksanaan Jobfair atau Bursa Kerja sebanyak dua kali, dan Alhamdulillah dari pelatihan itu sudah menyerap tenaga kerja sekitar kurang lebih 600 orang di Sumenep.” Pungkasnya. (Sai)

Email Autoresponder indonesia