Dispenduk Bangkalan Ajak Warga Urus Akte Kematian Keluarganya

Akte Kematian(1)

Bangkalan, maduracorner.com – Jumlah pemohon akta kematian di Kabupaten Bangkalan ternayat masih nol persen bila dibandingkan dengan jumlah pemohon akta lahir selama ini. Itu sebabnya, Kantor Dispenduk Capil berharap kesadaran masyarakat atau para ahli waris untuk secepatnya  mengurus akta kematian anggota keluarganya. 
 
Hal ini untuk memudahkan pihaknya dalam menghapus data penduduk yang sudah tidak ada alias meninggal. “Kami mohon kesadaran masyarakat atau para ahli waris untuk secepatnya melaporkan jika ada keluarga dekat yang meninggal dunia. Lalu melakukan permohonan akte kematiannya di Dispenduk Capil,”pinta Kabid Administrasi dan Kependudukan (Adminduk) Dispenduk Capil Kabupaten  Bangkalan, Djayus Sayuti, senin (25/1/2016). 

Djayus melanjutkan, banyak orang yang meninggal tidak dilaporkan oleh keluarga dekatnya sebagaimana yang ada selama ini. Sementara itu, untuk anak yang baru lahir dilaporkan. Kesulitan akan muncul ketika akan dilaksanakan pemilukada. Karena pada penerbitan DP4 kerap dilakukan beberapa kali revisi atau perbaikan data.
 
Upaya revisi berulang-ulang ini akibat dari banyaknya data penduduk meninggal yang belum dihapus. “Ketika menjelang pemilukada, kita juga akan kesulitan. Karena data orang meninggal masih belum dihapus sehingga perlu dilakukan revisi sampai berulang-ulang kali,”keluh Djayus. (yan/mad)

Penulis:Aryan
Editor  :Mamad el Shaarawy
Email Autoresponder indonesia