Dispenduk Capil Propinsi Jatim Gelar Pelatihan Administrasi Kependudukan

Pelatihan | Oleh : A.Shohib

Pelatihan Administrasi Kependudukan. Foto : A.Shohib/MC.com.

Pelatihan Administrasi Kependudukan. Foto : A.Shohib/MC.com.

Maduracorner.com,Bangkalan-Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dispenduk Capil) kabupaten Bangkalan menggelar Pelatihan administrasi kependudukan. Pelatihan yang diikuti oleh 30 orang pesarta itu digelar di aula Dispenduk Capil Bangkalan. “Kegiatan ini (pelatihan red) merupakan kegiatan Dispenduk capil Propinsi Jatim, kita hanya kebagian tempatnya saja,” kata Kabid Administrasi Kependudukan, Dispenduk Capil Bangkalan, Jayus Sayuti, Jumat (18/01).

Dijelaskan Jayus Sayuti, diadakannya pelatihan administrasi Kependudukan ini tujuannya untuk memberikan pemahamaan tentang administrasi kependudukan kepada masyarakat. “Ya paling tidak untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya administrasi Kependudukan,” jelasnya.

Lebih lanjut Jayus Sayuti menjelaskan, administrasi Kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan akte Kelahiran. ”Jadi dengan adanya pelatihan ini diharapkan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat itu bisa meningkat, sebab dokemen itu, bukan kewajiban akan tetapi merupakan hak yang harus di miliki setiap penduduk,” kata Jayus Sayuti.

Dalam acara pelatihan administrasi kependudukan itu hadir pemateri dari Dispenduk capil Propinsi, dari Unijoyo dan dari Dispenduk Capil Bangkalan, acara pelatihan itu sendiri akan digelar selama 2 hari. (min).