Disperta Sampang Mengaku Kekurangan Traktor

955 views
image

Puluhan Traktor di Dinas Pertanian Sampang

Sampang,maduracorner.com – Meski sudah mendapatkan bantuan alat mesin pertanian berupa hand traktor, Dinas Pertanian (disperta) Kabupaten Sampang mengaku masih kekurangan. Padahal, sebanyak 400 unit sejak tahun 2009 dari kementerian pertanian RI sudah mereka terima. Karena menurut mereka, jumlah tersebut belum mencukupi untuk kebutuhan pertanian yang ada.

Kabid Teknis Disperta Sampang Suyono menjelaskan, luas lahan pertanian di Kabupaten Sampang kurang lebih 20 ribu hektar. Idealnya, untuk lahan seluas itu dibutuhkan 1000 hand traktor untuk mempercepat pengelolaan tanah. “Sudah 400 hand traktor. Tapi itu masih jauh dari jumlah kebutuhan ideal yakni 1000 unit,”jelas Suyono kepada maduracorner.com, senin (30/03/2015).

Suyono melanjutkan, untuk tahun ini ada sekitar 34 unit hand traktor dan 7 unit pompa air yang akan diberikan kepada 8 kelompok tani di Sampang. Diantaranya untuk kelompok tani di Kecamatan Sreseh, Torjun, Camplong, Tambelangan, Banyuates, Sokobenah, Kedungdung dan Kecamatan Karang Penang. “Untuk tahun ini, khusus diberikan kepada kelompok tani di wilayah Sampang yang produktifitas padinya 59,9 kwintal perhektar,”katanya.

Suyono berharap, bantuan alat mesin pertanian tersebut bisa meningkatkan hasil produksi pertanian para petani. Sehingga program swasembada pangan bisa berjalan sesuai harapan. “Harapan kita memang seperti itu. Menuju swasembada pangan”,pungkas Suyono. (son/mad)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia