Dispertanak Bangkalan: “Ayo Bertani!”

1706 views
image

Illustrasi Petani

Bangkalan, maduracorner.com – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bangkalan, Abdul Razak meminta Pemerintah Kabupaten Bangkalan menyediakan beasiswa untuk muda-mudi anak petani. Hal ini tak terlepas dengan fakta bahwa makin sedikitnya generasi muda yang mau bertani saat ini.

“Jumlah generasi muda yang mau menjadi petani terus menurun. Yang ke sawah, tinggal yang tua-tua,” kata Razak kepada maduracorner.com, senin  (25/01/2016).

Mantan kepala Disperindag itu mengatakan, anak-anak petani di sekolahkan khusus di jurusan pertanian melalui program beasiswa itu. Setelah lulus, mereka harus pulang dan mengembangkan pertanian di desa masing-masing menuju pertanian modern. “Jangan malu jadi petani, sekarang peralatan pertanian sudah modern,” ujarnya.

Salah satu indikasi menurunnya jumlah petani di Bangkalan, terlihat dari terus menyusutnya lahan pertanian. Data menyebutkan, lahan pertanian di Bangkalan masih sebanyak 32 ribu hektar tahun 2013 lalu. Sedangkan saat ini hanya tersisa 29 ribu hektar.

“Petani menjual tanahnya untuk biaya sekolah tapi bukan jurusan pertanian. Jadi setelah lulus tidak pulang ke kampung halaman,”tandasnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy