Dispertanak Puji Antusiasme Petani Tadah Hujan

600 views
tampak petani sawah tadah hujan mengawali masa tanam. foto: aryan/mc.com

tampak petani sawah tadah hujan mengawali masa tanam. foto: aryan/mc.com

Optimis Panen Lebih Dari Sekali | Oleh :Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bangkalan menegaskan langkah petani yang memulai masa tanam di awal musim penghujan adalah tindakan yang tepat.

“Khususnya bagi petani yang punya lahan tadah hujan. Adalah upaya yang baik jika saat ini mereka mulai menanami lahannya dengan padi,” ujar Kepala Dispertanak Bangkalan, Puguh Santoso melalui Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura, Geger Heri Susianto, Selasa, (10/12).

Hasil survey, observasi PPL dan Mantri Pertanian yang bertugas di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan, semuanya memprediksi bahwa produksi gabah pada musim tanam kali ini akan meningkat.

Sebab tingginya curah hujan akan sangat membantu petani sawah tadah hujan. “Kondisi seperti saat ini sangat menguntungkan petani khususnya para petani tadah hujan. Karena mereka tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan air,”ungkapnya.

Heri mengulas, tingginya curah hujan yang turun dan menggenangi tanaman bibit padi itu tidak lantas menyebabkan pemnyemaian padi menjadi rusak. Keuntungan lainnya, selama musim penghujan, petani bisa melakukan panen dua kali atau lebih. Karena para petani lahan tadah itu hujan bisa memanfaatkan melimpahnya air yang didapat dari curah hujan  dalam  meningkatkan panen padinya.

Sementara itu, Dispertanak  sendiri mematok target produksi gabah tahun 2013 meningkat 2 persen dari hasil produksi tahun 2012. Jadi, total target produksi gabah 2013 ini sebanyak 2.622.900 ton dengan asumsi luas lahan secara keseluruhan di Kabupaten Bangkalan sekitar  27.207 hektar.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia