Disporabudpar Bangkalan Sediakan Tourism Center Di Akses Suramadu

Kasie Usaha Pariwisata dan staf sedang mencatat jumlah tamu yang datang. foto : yan/mc.com

Kasie Usaha Pariwisata dan staf sedang mencatat jumlah tamu yang datang. foto : yan/mc.com

Pelayanan PIP | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) kabupaten Bangkalan membuka pelayanan gratis Tourism Information Center di kawasan Suramadu. Pusat Informasi Pariwisata (PIP) yang tepatnya berada di jalan penghubung Suramadu sisi Madura ini dibuka sejak tahun 2011 kemarin.

“Setiap hari ada 5 staf yang bertugas secara sip-sipan di PIP Suramadu,” ujar Yulaika, Kasi Usaha Pariwisata Disporabudpar Bangkalan kepada MC.com, Senin, (21/1/2013).

Menurutnya, pelayanan PIP di akses Suramadu tersebut dimaksudkan untuk membantu wisatawan lokal maupun mancanegara yang baru kali pertama berkunjung ke Bangkalan. Informasi yang disediakan diantaranya mengenai ragam situs wisata religi  di kabupaten Bangkalan. Seperti makam KH. Syech. Syaihona Cholil, Makam Raja-raja Airmata Arosbaya, Goa Pelanangan Kecamatan Geger dan Taman Rekreasi Kota (TRK)  Sidingkap Bangkalan.

“Kita beri mereka brosur dan penunjuk jalan ke tujuan wisata yang dimaksud. Rata- rata tiap harinya tamu yang berkunjung ke kantor PIP Suramadu, 4-5 orang.  Khususnya Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya, pengunjung bisa mencapai 20-25 orang perhari,” terangnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Disporabudpar Bangkalan, Widjaja Krisna melalui Kabid Pariwisata, Amir S. mengatakan bahwa para staf yang bertugas di PIP Suramadu secara berjenjang SDM-nya akan ditingkatkan. Salah satunya melalui kursus kilat bahasa asing, utamanya bahasa Inggris.  Sehingga jika ada wisatawan manca negara yang datang ke PIP Suramadu bisa dilayani dengan baik.

“Kantor PIP yang sekarang ini sifatnya sementara, karena seiring pengembangan suramadu. Kedepan nanti, rencananya akan  dibuatkan kantor yang lebih representatif,” tutur Amir. (yan/krs)

Email Autoresponder indonesia