Divisi Utama Grup III Bakal Sengit Hingga Laga Terakhir

515 views

Perburuan Tiket 12 Besar Divisi Utama | Oleh Mamad el Shaarawy

Logo-Divisi-Utama.jpg

Divisi Utama

Maduracorner.com, Bangkalan – Persaingan di papan atas Divisi Utama Grup III PT Liga Indonesia cukup sengit. Setidaknya ada 4 tim yang berburu tiket ke babak selanjutnya. Mereka adalah PSBK Blitar (21 poin), Perseba Super Bangkalan (19), Perseta Tulungagung (19) dan Deltras Sidoarjo (18). Satu-satunya tim yang sudah memastikan lolos dari grup ini adalah Persebaya Surabaya dengan 28 poin.Meski saat ini PSBK berada di posisi runner up grup III, mereka ada di ujung tanduk. Pasalnya, dua laga terakhir mereka harus menghadapi dua laga away berat ke kandang lawan, yakni melawan Perseba Super dan Persebaya. Begitu halnya dengan Perseta Tulungagung. Sementara Deltras tinggal 1 laga lagi yakni melawan Persid Djember di Sidoarjo.

Perjuangan keempat klub tersebut akan dimulai dan ditentukan mulai jumat besok. Sesuai jadwal yang dirilis PT LI, Perseba Super akan meladeni PSBK di Stadion Gelora Bangkalan. Jika Laskar Suramadu kembali bisa membekuk PSBK seperti halnya di putaran I lalu, maka Perseba Super akan langsung menyodok ke posisi runner up dengan  22 poin.

Pada hari yang sama, Perseta akan melawan Persebaya di Gelora 10 Nopember. Laga ini juga menjadi pertaruhan bagi Perseta. Mereka harus memenangkan laga ini melawan tim yang sudah pasti lolos tersebut. Jika Perseta menang, mereka bakal naik ke peringkat 3 dan menggeser PSBK Blitar.

Pertarungan di grup ini tidak berhenti di dua laga tersebut. Namun dilanjutkan pada tanggal 11 juni mendatang. Tiga pertandingan sekaligus digelar, yakni Perseba Super vs Perseta, Deltras vs Persid dan Persebaya vs PSBK Blitar. Tiga pertandingan ini bakal benar-benar menjadi pertarungan hidup mati bagi mereka.

Perseba Super harus bisa memenangkan dua laga home terakhir mereka. Apalagi Danilo Fernando cs bertanding di depan publik mereka sendiri. Jika dengan hitungan bahwa Perseba Super bisa memenangkan dua laga tersebut, maka skuad asuhan Nus Yadera ini akan nangkring di posisi runner up.

Deltras pun bakal duduk di posisi 3 jika memperoleh tiga poin di laga terakhir mereka. Apalagi lawan Deltras adalah Persid, juru kunci grup III. Ini dengan catatan PSBK dan Perseta gagal total di dua laga away mereka.

Dalam aturan lolos ke 12 besar divisi utama musim 2013, babak ini akan diikuti oleh juara dan runner up grup dari total lima grup (10 tim). Nah, dua tim sisa diambil dari posisi 3 terbaik diantara kelima grup tersebut. Selain menghitung perolehan poin terbanyak dari tim posisi 3 ini, PT LI juga akan menghitung perolehan gol jika terdapat tim yang memiliki poin sama.

Maka selain mengincar runner up grup, posisi tiga inilah yang tampaknya diincar oleh keempat tim di grup III, termasuk Deltras Sidoarjo karena hanya menyisakan 1 pertandingan lagi.

Perseta maupun PSBK memang berada di posisi tidak mengenakkan. Penyebabnya tentu saja karena dua laga terakhir di kandang lawan. Namun yang perlu dicermati, salah satu lawan kedua tim tersebut adalah Persebaya Surabaya, tim yang sudah pasti lolos. Jika klub asal Surabaya ini main setengah hati, tentu saja bakal ada hitungan lain. Bisa jadi dengan alasan menyimpan tenaga untuk babak 12 besar, mereka tidak menurunkan skuad utama melawan Perseta dan PSBK. Ini akan berbahaya bagi posisi Perseba Super dan Deltras

Semua hitungan tersebut hanya di atas kertas. Siapa yang akan menemani Persebaya ke babak 12 besar divisi utama dari grup III? Yang pasti mereka yang mampu menampilkan permainan terbaik dan berbuah kemenangan. Kita tunggu saja. (mad)

 

Email Autoresponder indonesia