DKR Desak Dinkes Tingkatkan Pelayanan Puskesmas

702 views

Peningkatan Pelayanan Puskesmas   |   Oleh : Aryan

Kepala Dinkes Kabupaten Bangkalan,dr.Akhmad Aziz-Foto : Aryan/MC.com

Kepala Dinkes Kabupaten Bangkalan,dr.Akhmad Aziz-Foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Bangkalan, Ardiansyah meminta kepada Dinas kesehatan Bangkalan untuk meningkatkan Pelayanan Puskesmas. Sebab sejauh ini  pelayanan puskesmas di sejumlah kecamatan masih jauh dari harapan masyarakat sebab masih di temukan puskesmas yang kurang memperhatikan kebersihan dan kenyamanan bagi si pasien yang mau berobat.

“Saat kami langsung turun kelapangan dan meninjau kesejumlah Puskesmas seperti Puskesmas Sokolilo Kecamatan Labang dan Puskesmas Kecamatan Modung ternyatakebersihannya sangat memprihatikan dan kurang dijaga, sehingga para pasien merasa sangat kurang nyaman,” kata  pembinan Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Bangkalan, Ardiansyah, kepada  MC.com, Rabu, (29/5).
Ardiansyah menjelaskan, untuk di Puskesmas Kedundung, Kecamatan Modung, misalnya, pembangunan fisiknya kurang memadai. Perlu di pikirkan untuk penambahan bangunan dan masih ditemukannya para petugas medis yang kurang menjaga sopan santun terhadap pasien yang berobat.
“Rata-rata semua puskesmas yang ada, belum mempunyai ruang tunggu untuk keluarga pasien dan tidak tersedianya kursi dan meja tunggu. Tak heran, jika keluarga pasein harus duduk dilantai,” ungkapnya.
Menurut Ardiansyah, pihaknya berharap petugas Puskesmas tidak setengah hati dalam melayani pasien terutama dari keluarga masyarakat miskin.”Kami minta puskesmas jangan hanya target materi saja yang menjadi fokus, tapi harus ada keseimbangan dalam memberi pelayanan,” tegasnya.
Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, dr Ahmad Aziz ketika dikonfirmasi mengakui, memang ada beberapa puskesmas yang ruangannya kurang dan harus ditambah. Pihaknya sudah mengusulkan untuk penambahan ruangan tersebut.

“Kalau masalah kebersihan Puskesmas,  itu kewenangan kepala Pusekesmas masing-masing. Maka dari itu saya harap kepada semua Kepala Puskesmas agar senantiasa menjaga kebersihan demi kenyamanan pasien yang tengah berobat,” pungkas Aziz. (yan/min).

 

Email Autoresponder indonesia