Dominasi PKB Di DPRD Sumenep Runtuh

883 views

 

Perolehan Suara Parpol Untuk DPRD Sumenep Tidak Ada Yang Dominan | oleh : teguh
maduracorner.com, Sumenep – Hasil rekapitulasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di KPU Sumenep, yang digelar sejak (21/4) hingga (22/4) kemarin, membuat banyak pihak terkejut. Pasalnya dari 50 orang caleg imcumbent yang saat ini masih menjabat wakil rakyat, 31 diantaranya terjungkal, hanya 19 caleg incumbent yang berhasil bertahan di gedung DPRD Sumenep.

Fenomena serupa juga terlihat dari perolehan kursi sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta pemilu. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sebelumnya menjadi partai pemenang dengan 11 kursi pada Pileg 2009, saat ini hanya mampu mempertahankan 7 Kursi saja.

Sejajar dengan perolehan PPP, Demokrat dan PAN dengan 7 kursi. Sedangkan 8 Parpol lainnya, seperti  PDI Perjuangan mendapat 6 Kursi, Gerindra 5 Kursi, Golkar 4 Kursi, sementara Nasdem, PKS, dan Hanura masing-masing mendapat 2 Kursi, disusul PBB 1 kursi.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumenep, Moh. Jasuli Muchtar menyatakan, proses rekapitulasi suara di tingkat KPU Kabupaten memang selesai, namun KPU belum menetapkan Caleg terpilih dan perolehan Kursi masing-masing Parpol.

“Penetapan Caleg terpilih menunggu 9 Mei secara Nasional, untuk selanjutnya diumumkan KPU Provinsi 10 Mei dan baru ditetapkan 11 Mei KPU Kabupaten, itupun masih ada ruang untuk melaporkan gugatan bagi Parpol yang keberatan ke Mahkamah Konstitusi,” terang  Jasuli, komisioner KPU Sumenep, Rabu (23/4).(tgh/krs)

 

Email Autoresponder indonesia