Dongkrak Produksi, Guru Besar Unair Beri Penyuluhan Peternak Sapi Geger

 

Prof.DR.Tatang (pakai kaos putih dan peci hitam) didampingi Dr.Ir.Eddy Mulyadi saat memberi petunjuk tentang cara membuat pakan ternak sapi. foto: aryan/mc.com

Prof.DR.Tatang (pakai kaos putih dan peci hitam) didampingi Dr.Ir.Eddy Mulyadi saat memberi petunjuk tentang cara membuat pakan ternak sapi. foto: aryan/mc.com

Termasuk Teknis Operasi 3 Mesin | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Sebagai tindak lanjut dari pemberian bantuan pengolahan pangan ternak. Para peternak juga dibimbing cara penggunaan 3 mesin yakni pencacah daun, pemotong rumput, serta penggiling jagung untuk konsentrat dan pembuatan bio gas oleh Guru Besar Fakultas Kehewanan Unair Surabaya Prof.DR.Tatang dan utusan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) RI, yang juga merangkap Kepala Pusat Pengabdian Masyakat Universitas Pembangunan Nasional (UPN)”Veteran” Jatim, Dr.Ir.Eddy Mulyadi.

Bimbingan itu dilakukan secara terbuka kepada puluhan Kelompok Tani (Poktan) Pahala Darus salam Dusun Sepa’ah Desa Kombangan Kecamatan Geger. Selain tehnis dan cara penggunaan 3 mesin tersebut, para peternak juga diajarkan membuat pangan ternak sapi jantan yang di gemukan. Ditambah lagi tekhnik inseminasi buatan sapi peranakan khas madura, atau yang populer dengan sebutan sapi Madrasin.

Dia menjelaskan, pakan ternak tersebut sudah diuji coba dan dianggap berhasil dibeberapa daerah. Terobosan ini dinilai sangat positif bagi puluhan anggota Poktan Pahala Darus Salam mengingat rata-rata setiap KK memiliki 2 ekor sapi. Dengan harapan mampu mendongkrak penghasilan peternak sapi.

Ketua Poktan Pahala Darussalam Dusu Sepa’ah Desa Kombangan, Shahebul Anwar,SH menyambut gembira adanya penyuluhan tersebut. “Kedepan saya berharap usaha penggemukan sapi jantan dan pembiakan sapi betina semakin maju karena bahan-bahan dasar mudah dicari dan kita sudah tidak mengalami kesulitan pakan ternak pada saat musim kemarau,” ungkapnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia