DPRD Pamekasan Tolak SE Mendagri Tentang Penundaan Pilkades

Wakil Ketua Dprd Pamekasan Suli Faris-foto: Nizam/MC.com

Wakil Ketua Dprd Pamekasan Suli Faris-foto: Nizam/MC.com

Mendagri Tak Punya Alasan Mendasar   | Oleh : Nizamuddin

 
Maduracorner.com-Pamekasan-Berdasarkan surat edaran  Mendagri nomer 140/7635/pmd tahun 2013 tentang penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang masa jabatanya berahir pada tahun  2014, karena bersamaan dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, ditentang Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris. Pasalnya,  pelaksanaan pilkades ini dinilai tidak mendasar dan berlebihan, karena hal ini tidak akan mengganggu terhadap pelaksanaan pileg maupun pilpres mendatang.

“Mendagri beralasan penundaan Pilkades pada  tahun 2014 ini demi untuk keamanan, karena berbarengan dengan Pemilu Legislatif dan Pilpres, tapi pada penyelenggaraan Pileg maupun Pilpres tahun 2009 lalu, pemilihan  Pilkades tetap digelar tidak ada apa-apa tuh, berjalan lancar”. Bantah Suli Faris.
Suli Faris menambahkan, seharusnya Mendagri tidak perlu menampakkan sikap pesimis dan ketakutan yang berlebihan, apalagi wewenang untuk melaksanakan pilkades sudah menjadi bagian dari wewenang yang melekat pada daerah otonom, bahkan  seluruh kabupaten se indonesai sudah memiliki aturan berupa peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) yang terkait dengan tahapan pelaksanaan pilkades dan aturan tentang pilkades.

Data yang ada di Bapemas, masa jabatan Kepala Desa di Kabupaten Pamekasan yang akan ber akhir pada tahun 2013 sebanyak 2 orang, sedangkan di tahun 2014 sebanyak 33 kepala desa yang akan mengahiri masa jabatanya. (nzm/shb)

Email Autoresponder indonesia