Dua Desa di Geger Kering Kritis, PMB Kirim Bantuan Air Bersih

Warga Desa Banyoning Dajah, Kecamatan Geger ketika antre bantuan air bersih gratis. (FOTO: Istimewa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Organisasi Pemuda Madura Bersatu (PMB) mengirim bantuan air bersih ke Desa Banyoning Laok dan Desa Banyoning Dajah, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Dua desa itu, mengalami kering kritis akibat musim kemarau panjang.

“Satu tangki sudah didistribusikan ke Desa Banyuning Dajah. Sedangka dua tangki akan dialokasikan ke Desa Banyoning Laok,” ucap Ketua PMB, Sholeh Abdijaya, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, pengiriman bantuan air gratis itu sebagai bentuk kepedulian PMB terhadap warga yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab, bencana kekeringan benar-benar menyusahkan warga di dua desa tersebut.

“Kami mengajukan bantuan air bersih itu ke Bupati Bangkalan terpilih. Alhamdulillah difasilitasi tiga tangki,” imbuhnya.

Sholeh mengatakan, beberapa hari lalu Desa Banyoning Laok, dan Desa Banyoning Dajah juga mendapat bantuan serupa sebanyak dua tangki air bersih gratis dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

“Dua desa ini memang benar-benar kering kritis, karena tidak ada sumber mata air sama sekali. Kalau tidak ada bantuan, warga harus membeli air seharga Rp 200-Rp 300 per tangki,” terangnya.

Pria yang memiliki hobi ngetrail tersebut berharap, Pemkab Bangkalan memiliki solusi yang tepat maupun langkah konkrit untuk menanggulangi bencana kekeringan yang terjadi setiap musim kemarau.

“Doakan kami agar bisa membeli minimal dua mobil tangki air untuk membantu warga yang terdampak kekeringan,” tandas Sholeh. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad