Dua Gol Penalti Gagal Selamatkan Perseba

640 views

Perseba Kalah Lawan Persikabo | Oleh Mamad el Shaarawy

Maduracorner.com, Bangkalan – Bertanding di depan publik sendiri, Perseba Bangkalan gagal memetik poin melawan Persikabo Bogor, rabu sore (3/7). Laskar Suramadu kalah 2-3 dari tim tamu dalam lanjutan babak 12 besar divisi utama PT LI di Stadion Gelora Bangkalan. Satu gol kemenangan Persikabo dihasilkan lewat gol bunuh diri pemain Perseba.

Skuad Laskar Suramadu langsung tancap gas sejak menit awal. Mereka ingin memetik poin absolute setelah di pertandingan sebelumnya kalah di kandang Perseru Serui. Kombinasi Fandi Ahmad – Perry N Somah di lini depan cukup merepotkan lini pertahanan Persikabo di awal-awal laga. Apalagi saat Danilo Fernando masuk menggantikan Haryanto yang cidera. Duet Victor da Silva dan sang kapten tersebut mampu memberikan tekanan berarti bagi tim tamu.

Namun saat keasyikan menyerang, skuad Persikabo melakukan serangan balik. Bola yang digiring dengan apik oleh Mustopa Aji di sisi kanan pertahanan Perseba, berhasil diumpankan ke Cristiano Lopez di tengah. Bola lalu diumpankan ke Alejandro Tobar di sisi kiri yang tidak terkawal. Satu sepakan keras Tobar menggetarkan gawang Laskar Suramadu yang dijaga Aditya Fajar. Skor pun 0-1 untuk Persikabo.

Tidak ingin malu di depan publik sendiri, Danilo dkk berusaha bangkit. Berawal dari pergerakan Perry N Somah di kotak penalty, striker keling tersebut dijatuhkan oleh centreback Persikabo yang juga bertindak sebagai kapten tim, Tugi Hadi. Wasit pun menunjuk titik putih. Victor yang bertindak sebagai algojo mampu menyelesaikan tugas. Skor berubah menjadi 1-1 menit 29.

Namun lagi-lagi Perseba kena serangan balik menjelang akhir laga. Pergerakan lincah sayap kanan Persikabo, Mustopa Aji kembali menebar maut di lini pertahanan Perseba. Giringan bolanya mampu menusuk mendekati kotak 16 Perseba. Umpan satu dua dengan Lopez diakhiri tendangan ke gawang Aditya Fajar. Laskar Pajajaran pun kembali unggul 1-2 di menit 43.

Saat babak II baru 4 menit, Perseba Bangkalan kembali mendapat penalty setelah Perry Somah kembali dijatuhkan pemain Persikabo. Keputusan wasit yang menunjuk titik putih sempat mendapat protes keras pemain dan official Persikabo. Namun wasit tidak bergeming. Dan Victor da Silva pun kembali sukses sebagai eksekutor penalty. Skor berubah sama kuat 2-2.

Pasca gol penyama kedudukan tersebut, kedua tim saling serang. Mereka sama-sama berburu poin absolute untuk mengejar tiket menuju babak semifinal divisi utama. Namun serangan kedua tim selalu mentok meski beberapa kali tercipta peluang.

Saat laga akan berakhir imbang, sebuah serangan balik Persikabo berubah malapetaka. Pergerakan Mustopa Aji dari sayap kanan benar-benar mampu menghancurkan soliditas lini belakang yang dikomandoi Mujib Ridwan. Lewat umpan tarik keras Mustopa Aji, bek Perseba Miftakhul Kamli membuat gol bunuh diri. Kamli yang bermaksud menghalau, malah membelokkan bola crossing Mustopa Aji. Gol! Skor pun berubah menjadi 2-3 untuk Persikabo hingga peluit akhir dibunyikan wasit.

Kemenangan Persikabo ini menghantarkan mereka ke puncak klasemen Grup C Babak 12 Besar Divisi Utama PT LI dengan poin 6. Sementara posisi runner up dipegang Perseru Serui yang mengemas poin 4 yang pada waktu bersamaan main imbang 1-1 lawan tuan rumah PSMP Mojokerto. Posisi 3 diisi oleh PSMP dengan poin 1. Dan Perseba Bangkalan yang kalah dalam 2 laga mereka, harus puas di posisi buncit tanpa mengantongi poin sama sekali. (mad)

Email Autoresponder indonesia