Dua Tenaga Medis di Kabupaten Bangkalan Positif Terinfeksi Virus Corona

Bangkalan, Maduracorner.com – Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur menambah jumlah pasien positif virus corona Covid-19 dari satu menjadi tiga. pada Jumat, (10/4/2020) sore.

Melalui laman situs resmi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengumumkan hasil swab/PCR dari Laboratorium Litbangkes Jakarta terhadap dua Orang Tanpa Gejala yang merupakan pasangan suami istri dari Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan.

Mereka bukanlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) melainkan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil uji swab keluar dan dinyatakan positif.

Sebelumnya, salah satu dari mereka mengikuti pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di Kabupaten Kediri yang dalam klasternya terdapat salah satu yang dinyatakan positif Virus Corona atau covid-19.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan Agus Zain dalam rilis resminya menyampaikan, bahwa kedua pasien itu merupakan tenaga medis di RSUD Syamrabu Bangkalan. Dan Keduanya juga merupakan pasangan suami istri (pasutri) yang berprofesi seorang dokter.

“Ia adalah sepasang suami istri berdomisili Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Selain itu bersangkutan juga membuka praktek mandiri di rumahnya serta juga bekerja di Rumah Sakit Lukas Bangkalan,”ujarnya.

Agus Zain juga mengungkapkan, dalam hal ini  proses tracing, yaitu semua yang pernah kontak dengan kedua OTG ini harus ditelusuri, didata serta dilakukan rapid tes.

“Proses tracing akan dilakukan oleh para surveilance, baik dari RSUD Syamrabu Bangkalan, dari Puskesmas Klampis, maupun dari Puskesmas Bangkalan”ungkapnya.

Lanjut Agus Zain , Tim surveilance nanti yang akan menindaklanjuti penanganan terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan kedua OTG ini.

“Malam ini yang bersangkutan akan dilakukan penjemputan oleh tim medis RSUD Syamrabu Bangkalan untuk dilakukan isolasi,”jelasnya.

Ia menambahkan, Selama proses isolasi yang bersangkutan tidak boleh kontak dengan siapapun termasuk keluarga kecuali dengan petugas, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Kedua yang bersangkutan sudah menyatakan kesiapan dan menunjukkan sikap koperatif untuk menjalani isolasi,”pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia